Tutup Iklan

LONGSOR PONOROGO : Gedung SMPN 4 Ngrayun Tertimpa Longsoran, Siswa Mengungsi

LONGSOR PONOROGO : Gedung SMPN 4 Ngrayun Tertimpa Longsoran, Siswa Mengungsi

SOLOPOS.COM - Kondisi ruangan di SMPN 4 Ngrayun, Ponorogo, yang rusak karena tertimpa material longsoran, Selasa (4/10/2016). (Istimewa/JIBIMadiunpos.com)

Longsor Ponorogo mengakibatkan tiga ruang di SMPN 4 Ngrayun rusak karena diterjang longsor.

Solopos.com, PONOROGO — Bencana alam tanah longsor kembali terjadi di Ponorogo. Tiga ruangan di SMPN 4 Ngrayun, Ponorogo, rusak parah akibat diterjang longsor. Akibatnya, kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa di ruangan tersebut harus diungsikan ke ruangan lainnya.

Kepala SMPN 4 Ngrayun, Gunandi, mengatakan hujan deras yang mengguyur wilayah Ngrayun pada Minggu (2/10/2016) malam mengakibatkan tebing di samping gedung sekolah itu longsor.

Peristiwa longsor tersebut diperkirakan terjadi pada Minggu pukul 22.00 WIB, namun baru diketahui petugas sekolah pada Senin (3/10/2016) pagi. Gunandi mengatakan tebing setinggi delapan meter yang berada di samping bangunan sekolah itu tiba-tiba longsor dan mengenai bangunan sekolah.

Ada tiga ruangan di SMPN 4 yang rusak karena terkena material longsoran. Satu ruang merupakan ruangan praktik keterampilan dan dua ruang lainnya adalah ruang belajar siswa kelas VII.

Gunandi menuturkan kerusakan ketiga ruangan tersebut sangat parah dan sudah tidak bisa digunakan karena tembok bangunan jebol dan material tanah juga masuk ke ruang kelas. “Ada tiga ruangan yang rusak karena diterjang material longsoran,” ujar dia kepada wartawan, Selasa (4/10/2016).

KBM masih berjalan seperti biasa. Namun, siswa yang biasanya belajar di dua ruangan tersebut diungsikan ke ruang lainnya, yaitu di ruang baru dan ruang laboratorium. “Untuk sementara waktu tiga ruangan yang rusak karena diterjang longsor tidak digunakan, siswa kelas VII dipindah ke ruang baru dan ruang laboratorium. Karena ruang laboratorium kan tidak selalu digunakan,” kata Gunandi.

Tebing di samping bangunan sekolah itu, memang sudah berulang kali longsor. Dalam beberapa tahun terakhir sudah terjadi empat kali longsor. Tetapi, longsor kali ini yang paling parah.

Material longsoran di sekolah yang berada di Desa Baosan Kidul, Kecamatan Ngrayun, itu hingga Selasa siang belum dibersihkan. Pegawai sekolah memasang pagar pembatas di sekitar longsoran dan melarang siswa mendekati area tersebut.

Kondisi bangunan di tiga ruang itu juga berbahaya, teras dan atap gedung retak-retak serta tiang bangunan menggantung. “Kami hanya memasang tiang penyangga untuk bangunan yang berpotensi roboh itu. Kami masih takut akan terjadi longsor susulan. Untuk itu, kami melarang anak-anak untuk mendekati ruangan itu,” terang dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ada Pemberlakuan Aturan Baru Aktivitas Publik di Banyumas

Sejumlah langkah tegas disiapkan Pemkab Banyumas untuk membatasi aktivitas publik masyarakat selama pandemi Covid-19.

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Aplikasi Simpati Diluncurkan, Isinya Informasi Lengkap Soal Wisata Sragen

Aplikasi Simpati bisa diakses melalui laman simpati.sragenkab.go.id serta juga bisa diunduh di playstore dengan nama Sragen Tourism.

Belgia Lolos ke 16 Besar, Ini Klasemen Grup B Euro 2020

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar sementara Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup.

Uposotha Mandala Puja, Ritual Perenungan Diri Umat Buddha

Ritual ini bernama upacara Uposotha Mandala Puja yang diadakan setiap dua kali sebulan pada tanggal satu dan tanggal lima belas  bulan lunar penanggalan Jawa.

Tertular Cacar Langka dari Kucing, Wanita Ini Terancam Buta

Kasus cacar sapi pada manusia meskipun langka namun berpotensi ada kasus serupa di masa depan.

De Bruyne Jadi Pembeda Belgia

Dengan kemenangan ini, Belgia pun menjadi tim kedua setelah Italia yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Pentingnya Membangun Impresi yang Baik Untuk Meraih Sukses

Cara membangun impresi yang baik dipaparkan dalam webinar bertajuk Making a Good Impression to be Impactful in New Normal Era.

Cetak Dua Gol, Denzel Dumfries Aktor Krusial di Balik Kemenangan Belanda

Bek kanan Belanda Denzel Dumfries mengguncang Euro 2020 dengan mencetak dua gol. Si "man-of-the-match" ini juga merancang dua gol lain lewat assist-nya.

Belanda 2-0 Austria: Makin Mantap, De Oranje ke 16 Besar Euro 2020

Untuk kali pertama dalam 13 tahun terakhir Belanda lolos ke-16 besar Euro setelah tersingkir pada fase grup Euro 2012 dan tidak lolos ke putaran final dalam edisi 2016 turnamen ini.