SOLOPOS.COM - Seorang warga membersihkan material longsoran di rumah milik Paijo, warga RT 002/RW 002, Desa/Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jumat (7/10/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Longsor Ponorogo, sedikitnya 50 rumah di Desa Sawoo terancam longsor.

Madiunpos.com, PONOROGO — Sedikitnya 50 rumah di Desa Sawoo, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, terancam tertimpa longsor karena berada di bawah tebing.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Warga dihantui rasa takut dan waswas saat hujan mengguyur wilayah itu. Desa Sawoo berada di daerah perbukitan dan ratusan rumah dibangun menyebar di desa itu.

Sejumlah rumah berada di samping tebing setinggi lima meter hingga delapan meter yang bisa longsor kapan saja. Pelaksana Tugas Kepala Desa Sawoo, Setiohari Sujatmiko, mengatakan sedikitnya 50 rumah berpotensi diterjang longsor karena berada tepat di samping tebing.

Rumah tersebut sebagian besar sudah belasan tahun lalu dibangun di tanah tersebut sehingga pemiliknya enggan pindah ke lokasi lain yang lebih aman.

Hari menuturkan kondisi tanah di Sawoo gembur dan berpasir sehingga mudah longsor. Pada saat hujan deras, biasanya terjadi longsor meskipun dengan intensitas kecil.

“Tanah gembur seperti ini kalau diguyur hujan biasanya langsung longsor, tetapi pada 2016 paling parah ya baru kali ini, karena sampai merusak rumah warga,” kata dia di Desa Sawoo, Jumat (7/10/2016).

Dia mengaku setiap kali ada pertemuan dengan warga selalu mengimbau untuk lebih hati-hati dan waspada saat hujan mengguyur. Hal ini untuk menghindari peristiwa yang mengancam keselamatan warga.

Menurut dia, puluhan warga yang tinggal di samping tebing itu sudah belasan tahun bahkan puluhan tahun hidup di tempat itu sehingga mereka enggan diminta pindah.

Warga RT 002/RW 002, Dukuh Kocor, Desa Sawoo, Marno, 55, mengaku waswas setiap kali hujan turun karena rumahnya berada di samping tebing. Biasanya, saat hujan mengguyur deras, dia memilih keluar dari rumah.

“Ya pasti ada ketakutan, karena rumah saya memang berada di samping tebing,” ujar dia kepada Madiunpos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya