Tutup Iklan

LONGSOR PONOROGO : 2017, Gedung SMPN 4 Ngrayun Diperbaiki

LONGSOR PONOROGO : 2017, Gedung SMPN 4 Ngrayun Diperbaiki

SOLOPOS.COM - Kondisi ruangan di SMPN 4 Ngrayun, Ponorogo, yang rusak karena tertimpa material longsoran, Selasa (4/10/2016). (Istimewa/JIBIMadiunpos.com)

Longsor Ponorogo, tiga ruang di SMPN 4 Ngrayun yang rusak karena tertimpa longsoran akan diperbaiki tahun depan.

Solopos.com, PONOROGO — Tiga ruangan di SMPN 4 Ngrayun yang rusak karena tertimpa tanah longsor kini sudah tidak bisa dimanfaatkan. Bangunan baru bisa diperbaiki pada 2017.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, Tutut Erlina, mengatakan ada tiga ruangan yang rusak karena tertimpa material longsoran, yaitu satu ruang keterampilan dan dua ruang kelas. Untuk saat ini, ketiga ruangan tersebut sudah tidak bisa digunakan karena tembok bangunan jebol dan berpotensi roboh.

“Tiga ruangan itu kondisinya sudah berbahaya sehingga kami minta dikosongkan dan tidak digunakan untuk kegiatan apa pun,” ujar dia kepada wartawan, Selasa (4/10/2016).

Tutut menuturkan pengelola sekolah diminta untuk segera mendata aset bangunan yang rusak. Dia juga meminta kepala sekolah segera melaporkan hal itu ke Dinas Pendidikan Ponorogo supaya segera ada tindak lanjut dari pemerintah mengenai bantuan perbaikan gedung.

Menurut dia, kerugian material dari kerusakan tiga ruangan itu mencapai ratusan juta rupiah. Proses perbaikan bangunan harus segera diusulkan.

Perbaikan ruangan itu akan diusulkan ke Pemkab Ponorogo dan pemerintah pusat. Namun, jika tidak bisa dianggarkan tahun ini akan diusulkan lagi pada 2017 melalui dana alokasi khusus (DAK).

“Kalau diajukan ke DAK untuk tahun ini kan tidak mungkin, kalau dianggarkan ke DAK ya akan diusulkan tahun depan,” jelas dia.

Petugas dari Dinas Pendidikan Ponorogo juga telah meninjau lokasi untuk mendata. “Kami meminta kepada pengelola sekolah untuk tidak memanfaatkan ruangan yang tertimpa longsoran itu karena ditakutkan ada longsor susulan yang membahayakan siswa,” jelas dia.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Ponorogo, Hery Sulistyono, mengatakan saat ini petugas BPBD sedang mengidentifikasi kerusakan di lokasi bencana.

Dia mengatakan selama bulan September, tanah longsor paling parah terjadi di wilayah Ngrayun. Selain menimbulkan kerusakan bangunan sekolah dan rumah, longsor juga mengakibatkan satu orang meninggal.

Berita Terkait

Berita Terkini

Covid-19 Mengkhawatirkan, Mabes Polri dan TNI Kirim Pasukan Bantu Perketat PPKM di Madiun

Mabes Polri dan TNI terjunkan pasukan gabungan untuk memperketat PPKM di Kabupaten Madiun dan Bangkalan yang kini jadi zona merah penyebaran Covid-19.

Copa America: Unggul 4 Gol Tanpa Balas, Brazil Terlalu Kuat untuk Peru

Brazil masih terlalu perkasa untuk Peru setelah mereka menang 4-0 dalam laga Copa America 2021 di Nilton Santos Stadium atau Olympic Stadium.

Panen Bersama di Madiun, Mentan dan Menko PMK Dorong Industri Pengolahan Porang

Mentan mendorong industri pengolahan komoditas porang terutama industri olahan yang siap ekspor.

Copa America 2021: Brasil Gilas Peru 4-0, Neymar 1 Gol

Brasil memuncaki klasemen sementara Grup A Copa America 2021 setelah menggilas Peru 4-0.

Percepatan Vaksinasi Bisa Tekan Angka Covid-19 di Kudus

Percepatan vaksinasi nasional termasuk di Kabupaten Kudus dinilai mampu  menekan laju penyebaran kasus positif Covid-19 di daerah setempat.

Covid-19 Serang 14 Nakes, RS Elisabeth Purwokerto Ditutup Sementara

RS Elisabeth Purwokerto terpaksa menutup sementara semua pelayanan selama sepekan lantaran 14 tenaga kesehatan mereka terpapar Covid-19.

Petani Selo Boyolali Tanam Bawang Merah dengan Bibit Biji, Panen Perdana Hasilkan 9-10 Ton/Ha

Keuntungan usaha tani bawang merah dengan bibit biji antara lain menurunkan biaya produksi, penyimpanan serta distribusi lebih mudah.

Klasemen Grup C setelah Belanda Jadi Tim Ketiga Lolos ke 16 Besar Euro 2020

Memphis Depay dan Denzel Dumfries menjadi aktor kemenangan Belanda lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Yamaha XSR 155 Jadi Andalan Sepeda Motor Harian dan Touring

Daya tarik XSR 155 kian melekat di hati konsumen Indonesia yang menjatuhkan pilihannya pada motor sport heritage itu.

Penting, Ini Tips Mendapatkan Review Bagus dari Pembeli di Tokopedia

Review pembeli sangat menentukan performa dan penjualan toko online di e-commerce, termasuk di Tokopedia.

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Pantai Samas Bantul, Ini Ciri-Cirinya

Mayat seorang pria paruh baya ditemukan di pinggir Pantai Samas Bantul. Belum diketahui identitas mayat tersebut.

Copa America: Pertahanan Kokoh, Venezuela Tahan Imbang Kolombia 0-0

Kolombia harus berbagi satu poin setelah bermain imbang 0-0 dalam pertandingan Grup B Copa America 2021 di Estadio Olimpico Pedro Ludovico, Goiania.