SOLOPOS.COM - Tentara Kodim Ngawi dan warga membersihkan material tanah longsor yang menimpa bangunan rumah di Desa Poncol, Kecamatan Sine, Ngawi, Jawa Timur (Jatim), Jumat (12/2/2006). (JIBI/Solopos/Antara)

Longsor Ngawi merusakkan dua rumah, beruntung tanpa korban jiwa.

Madiunpos.com, NGAWI — Bencana alam tanah longsor merusak dua rumah warga di Desa Poncol, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim), Jumat (12/2/2016). Beruntung tidak dilaporkan jatuhnya korban jiwa dalam insiden longsor Ngawi itu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Komandan Koramil Sine, Kodim 0805/Ngawi, Kapten Amin Sutikno, mengatakan, rumah warga yang rusak adalah milik pasangan Sartono dan Sutini serta rumah milik Sumini.  “Kerusakan rumah terjadi di bagian belakang. Dindingnya jebol akibat dihantam material longsoran tebing yang berada di belakang rumah,” ujar Kapten Amin sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

Dia mengklaim personel Koramil Sine, hingga Jumat siang, dibantu polisi, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan warga setempat membersihkan material tanah longsor yang menutupi bangunan rumah warga tersebut.  “Beruntung saat kejadian, pemilik rumah dapat menyelamatkan diri sehingga tidak ada korban luka atauapun meninggal dunia,” kata komandan aparat pertahanan negara itu memaparkan pekerjaan yang mestinya merupakan domain BPBD Kabupaten Ngawi itu.

Tak dijelaskan Antara, alasan BPBD Kabupaten Ngawi tak mengambil inisiatif penanggulangan bencana tanah longsor di Sine tersebut, melainkan tentara.

Kamis Malam
Sartono, korban tanah longsor Ngawi, Longsor terjadi pada Kamis (11/2/2016) malam setelah hujan deras mengguyur kawasan setempat dari sore hingga malam hari tersebut disebutnya tidak menimbulkan korban jiwa. Saat itu ia mendengar bunyi gemuruh dari arah belakang rumahnya. Setelah dilihat, dinding bagian belakang rumahnya atau ruang dapur, terlihat sudah miring. Sartono lalu berniat memberikan tiang penyangga di dinding tersebut.

“Saat hendak saya beri tiang penyangga, tiba-tiba tembok itu ambrol karena tidak kuat menahan material longsoran. Beruntung saya tidak tertimpa runtuhannya,” kata Sartono.

BPBD Ngawi memetakan, Kecamatan Sine merupakan daerah rawan bencana tanah longsor saat musim hujan berlangsung. Selain Sine, terdapat juga Kecamatan Kendal, Ngrambe, dan Jogorogo.  Warga yang tinggal di daerah rawan tersebut diimbau waspada saat hujan deras mengguyur wilayah setempat. Jika berbahaya, warga dapat mengungsi ke tempat saudara atau lokasi lain yang lebih aman.
 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya