Tutup Iklan

LONGSOR MERAPI : Awas Cuaca Ekstrem, Tunda Aktivitas Pendakian !

 Gunung Merapi (ilustrasi/JIBI/dok)

SOLOPOS.COM - Gunung Merapi (ilustrasi/JIBI/dok)

Solopos.com, BOYOLALI--Pendaki Gunung Merapi dan Merbabu diminta untuk menunda aktivitas pendakian gunung awal tahun ini paling tidak sampai Maret.
Kondisi cuaca ekstrem dan curah hujan yang tinggi belakangan ini dinilai cukup berbahaya bagi pendaki.

Relawan Jaringan Informasi Lingkar (Jalin) Merapi, Mujianto, mengatakan kondisi jalur pendakian di Gunung Merapi saat ini sangat labil. Terutama jalur yang penuh dengan material batu labil. Peringatan ini disampaikan Mujianto menyusul sudah jatuh dua korban yang mengalami kecelakaan di Pasar Bubrah akibat terkena longsoran bebatuan Gunung Merapi, Minggu (26/1/2014).

Dia juga menilai, jalur pendakian Merapi saat ini sangat berbahaya bagi pendaki pemula. Apalagi, pendaki yang sebelumnya belum pernah ke Merapi. “Kalau tetap mau mendaki harus dengan persiapan matang dan informasi yang cukup soal Gunung Merapi,” kata Mujianto, kepada wartawan, Senin (27/1/2014).

Dia menjelaskan, status Gunung Merapi yang aktif dan masih sering terjadi hembusan asap cukup membahayakan pendaki. “Jalur ke puncak juga banyak sekali sudut kemiringan yang curam yang juga rawan longsor.”

Komandan Search and Resque (SAR) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, juga mengingatkan agar pendaki mengurangi aktivitas pendakian paling tidak sampai Maret mendatang. “Yang jelas cuaca ekstrem sangat berbahaya bagi para pendaki.”

Sementara itu, dua korban longsoran batu di puncak Merapi, Theopilus Angga, 23, (bukan Lubis seperti diberitakan sebelumnya), dan Angelica Tambunan, 21, berhasil dievakuasi oleh relawan dan tim SAR BPBD Boyolali.

Theopilus diketahui adalah warga Jl. Nias, Ngemplak, Gilingan, Banjarsari, Solo dan Angelica Tambunan adalah mahasiswa asal Medan. Keduanya adalah mahasiswa Universitas Atmajaya Jogjakarta. Keduanya dievakuasi dengan menggunakan tandu bahkan Theopilus diketahui menderita patah tulang kaki kanan akibat tertimpa batu. Pascaevakuasi keduanya langsung dibawa ke RSUD Pandanarang. Tetapi pada Senin siang Theopilus dirujuk ke RS Ortopedi Prof.DR. R. Soeharso Solo.

Menurut Fajar, evakuasi terhadap korban memakan waktu cukup lama karena relawan juga harus berhati-hati saat menyusuri jalur turun. “Sampai bawah gunung Senin sekitar pukul 02.00 WIB pagi.”

Angelica saat ditemui wartawan di RSUD Pandanarang menyebutkan pendakian kali ini adalah pendakian perdananya. “Bagi saya dan Pilus ini pendakian pertama.” Dia tetap menjalani perawatan di RSUD Pandanarang karena kondisinya hanya nyeri dan kaki kiri sedikit bengkak.


Berita Terkait

Berita Terkini

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

Ternyata Ini Sosok PNS Terkaya di Indonesia, Hartanya Capai 1 Triliun

Ternyata ini hlo sosok Pegawai Negeri Sipil atau PNS terkaya di Indonesia, mempunyai harta mencapai Rp1,6 triliun.

Ini Hlo Cara Ikutan Lomba Foto Astra, Hadiahnya Enggak Main-Main!

PT Astra International Tbk menggelar Lomba Foto Astra dengan hadiah yang super menarik, ada smartwatch hingga sepeda motor.

Seleksi Duta Antikorupsi, Puluhan Pelajar Klaten Bikin Makalah Soal Ini

Seleksi terhadap puluhan pelajar kali ini merupakan rangkaian pemilihan duta pelajar antikorupsi yang diselenggarakan IPPK Klaten dan Exclusive Kingdom Klaten.

Pasoepati Ganti Pot Rusak di Jl Solo-Jogja di Klaten, Ini Foto-Fotonya

Polisi berharap kejadian perusakan pot bunga serupa tak terulang kembali di waktu mendatang

WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

WhatsApp juga sedang berupaya memperkenalkan editor foto dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna menambahkan stiker dan teks, memotong dan memutar foto.

Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Ini dia daftar pemenang lengkap dengan nominasinya SCTV Award 2021 yang baru saja digelar pada Jumat, 27 November 2021.

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jateng

BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.

Geger Pria Asal Bekasi Ditemukan Meninggal Dunia di Masjid Laweyan Solo

Pihak kepolisian menyatakan berdasarkan dugaan sementara, almarhum Sukirman meninggal karena sakit.

Beredar Surat Undangan Seleksi Persis Muda GR, Begini Respons Kaesang

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, menanggapi beredarnya surat undangan seleksi pemain untuk Piala Soeratin 2021 dari Manajemen Persis Muda GR.

Minyak Goreng dan Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi November 2021

BI akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.

Doa Agar Menjadi Orang yang Sukses, Jangan Lupa Dibaca ya!

Berikut ini terdapat doa agar menjadi orang yang diberikan kesuksesan menurut ajaran Islam. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya!

Minat Baca Memuaskan, Solo Butuh Rumah Baca Berbasis RW

Hasil survei Disarpus Kota Solo menunjukkan indeks minat baca dan indeks kegemaran membaca warga Kota Solo 74,54 dan 79,37.

10 Berita Terpopuler : Wong Klaten Meninggal Tersetrum - Sosok Kahiyang

Wong Klaten meninggal tersetrum menjadi berita terpopuler di Solopos.com Sabtu pagi ini.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (27/11/2021), Ini Film yang Tayang

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Sabtu, 27 November 2021 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Banyak film seru!