SOLOPOS.COM - Ilustrasi (blog.agu.org)

Warga khawatir longsor kembali terjadi.

Harianjogja.com, KULONPROGO–Melebarnya wilayah longsoran di Tileng, Pendoworejo, Girimulyo membuat masyarakat khawatir akan terjadinya longsor susulan. Titik longsor yang berada di samping Jalan Raya Kaligesing yang menjadi akses menuju daerah wisata itu dicemaskan pengguna jalan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Desa Pendoworejo, Girimulyo, Budiman mengungkapkan kejadian longsor di Pendoworejo akibat hujan deras bulan lalu belum juga ditanggulangi secara penuh oleh Pemkab Kulonprogo.  Saat ini penanganan sebatas pembersihan jalan oleh sukarelawan bencana daerah setempat.  “Hanya sebatas relawan, yang tempat pak Dukuh [Tileng] juga kembali longsor,” katanya, Jumat (19/1/2018).

Adapun longsoran lanjutan di bawah lokasi lama terjadi pada Jumat (14/1/2018) pagi, atau seminggu yang lalu. Lokasi longsoran yang berada di tepi jalan membuat pengguna jalan merasa khawatir ketika melintas di Jalan Raya Gesing. Padahal jalan itu menghubungkan Kecamatan Nanggulan menuju Jatimulyo, sekaligus menjadi akses menuju Gua Kiskendo, Ayunan Langit, dan destinasi wisata lainnya. “Ya seharusnya diperbaiki, itu juga akses wisata ke atas [Jatimulyo],” jelas Budiman.

Seorang warga Jatimulyo, Edi, mengungkapkan dirinya takut melewati jalan itu. Ia khawatir ketika hujan atau sehabis hujan longsor susulan bisa menimpa siapa saja yang lewat jalan milik kabupaten itu. “Itu akses wisata ke Gua Kiskendo, terus kalau mau ke Kedung Pendut juga melalui jalan itu kalau dari Jogja,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya