Sejumlah petugas meninjau kondisi jembatan di Desa Cileng, Kecamatan Poncol, Magetan, yang longsor karena tergerus aliran air, Kamis (2/2/2017). (Istimewa/BPBD Magetan)

Longsor Magetan, sebuah jembatan penghubung antarkecamatan di Magetan longsor.

Solopos.com, MAGETAN -- Jembatan penghubung antara Desa Ngunut, Kecamatan Parang, dan Desa Cileng, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan longsor. Akibatnya sebagian badan jembatan itu tidak bisa dilewati karena fondasi beserta tanahnya longsor.

"Jembatan penghubung antara Kecamatan Parang dan Kecamatan Poncol, tepatnya di Desa Cileng, Poncol, longsor pada Rabu [1/2/2017] sekitar pukul 21.00 WIB," kata Kasi Kedarutatan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Fery Yoga Saputra, dalam siaran pers, Kamis (2/2/2017).

Fery mengatakan hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Magetan sejak Rabu pukul 16.00 WIB hingga Kamis pukul 04.00 WIB. Akibatnya, sungai yang ada di bawah jembatan Cileng meluap dan menggerus fondasi jembatan.

Karena terus menerus diterjang air, kata dia, fondasi dan tanah jembatan itu pun ambrol. Badan jalan yang ambrol yaitu mencapai 10 meter dengan lebar tiga meter dan tinggi lima meter.

Saat ini jembatan penghubung dua kecamatan itu tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat. Sedangkan untuk kendaraan roda dua masih bisa lewat, namun harus lebih waspada karena badan jembatan yang tersisa hanya sekitar tiga meter.

"Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam bencana ini. Namun kerugian material diperkirakan mencapai Rp100 juta," jelas dia.

Lebih lanjut, dia menuturkan saat ini BPBD beserta TNI dan Polri telah memberi papan peringatan untuk pengguna jalan. BPBD Magetan juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait supaya jembatan itu segera diperbaiki.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati karena hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang masih akan mengguyur wilayah Magetan hingga bulan Maret 2017.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten