Longsor Landa Sejumlah Lokasi di Karanganyar, Ini Sebaran Titiknya!

Bencana tanah longsor kembali terjadi di Bumi Intanpari. Kali ini longsor terjadi di beberapa titik di wilayah Kecamatan Karangpandan dan Kecamatan Matesih, Sabtu (27/11/201) malam.

 Kondisi tebing longsor milik Atmo Sunarto, 70, di Dusun Tomosiyo RT 01/IX , Desa Domplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (27/11/2021) malam. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Kondisi tebing longsor milik Atmo Sunarto, 70, di Dusun Tomosiyo RT 01/IX , Desa Domplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (27/11/2021) malam. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Bencana tanah longsor kembali terjadi di Bumi Intanpari. Kali ini longsor terjadi di beberapa titik di wilayah Kecamatan Karangpandan dan Kecamatan Matesih, Sabtu (27/11/201) malam.

Lokasi longsor pertama yaitu tebing setinggi 5 meter dan lebar 3 meter milik Atmo Sunarto, 70, di Dusun Tomosiyo RT 01/RW IX, Desa Domplang, Kecamatan Karangpandan dan tebing di Dusun Sabrang Kulon RT 01/XIII, Desa Matesih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bagus Darmadi, dalam sambungan telepon pada Minggu (28/11/2021) mengatakan longsor di terjadi karena curah hujan.

Baca Juga: Longsor Karanganyar, Jasad Sastro Ditemukan Posisi Berdiri di Sungai

“Bagian bawah tanah tergerus air karena memang intensitas hujan sangat deras sehingga mengakibatkan longsor. Oleh karena itu kita sempat menutup separuh jalan tapi terus bisa diatasi oleh teman-teman BPBD dan teman-teman relawan,” kata Bagus.

Bagus juga mengatakan di wilayah Kecamatan Matesih terdapat dua tempat terjadinya longsor talut yaitu talut sungai dan talut rumah.

“Namun kejadian tersebut tidak menimpa rumah, hanya tanah longsoran mengenai halaman rumah di sebelahnya,” kata Bagus.

Baca Juga: Longsor di Ngargoyoso Bikin BPBD Karanganyar Ubah Lokasi Pemasangan EWS

Setelah mendapatkan laporan tersebut, BPBD Kabupaten Karanganyar langsung menuju lokasi di dua wilayah tersebut untuk berkoordinasi dengan aparat setempat. BPBD juga memberikan petunjuk pengamanan, arahan keselamatan, serta mendata kerusakan. BPBD juga memberikan bantuan logistik untuk kegiatan kerja bakti pembersihan tanah longsor tersebut.

“Dalam kejadian ini tidak ada korban luka maupun korban jiwa. Untuk kerugian saat ini belum bisa dipastikan karena nanti akan melibatkan teman-teman semuanya,” tutupnya.

Komandan Markas SAR Kabupaten Karanganyar, Arief Sukro, mengatakan alasan lain terjadinya longsor di Karangpandan adalah pengerukaan tanah untuk dijadikan toko.

Baca Juga: 6 Wisatawan Tertimpa Tanah Longsor di Bali, 3 Meninggal Dunia

“Sebenarnya itu tebing terus dikeruk oleh pemilik tanah untuk dijadikan tempat usaha, Namun belum sempat dijadikan tempat usaha sudah terjadi longsor. Jadi, longsor terjadi di lokasi bekas pengerukkan tanah yang dilakukan beberapa bulan lalu. Akibatnya longsoran menimpa sebagian bahu jalan dan belakang bengkel motor yang ada dilokasi tersebut,” kata Sukro.

Sukro mengimbau warga atau pelaku usaha yang akan mendirikan bangunan memperhatikan kontur tanahnya. “Musim hujan seperti saat ini kan kita tidak tahu potensi seperti apa yang terjadi. Yang jelas kalau untuk longsor periksa kembali tanah tersebut apabila digunakan untuk mendirikan bangunan kuat atau memang sangat rawan,” imbau Sukro.

Berita Terkait

Berita Terkini

Polresta Solo Ungkap 8 Kasus Narkoba, 10 Orang Ditangkap

Satresnarkoba Polresta Solo mengungkap delapan kasus penyalahgunaan narkoba dan menangkap 10 orang pelaku baik pengedar, kurir, maupun pemakai.

Perlu Peran Akademisi untuk Atasi Kekeringan di Gilirejo Baru Sragen

Upaya mitigasi bencana kekeringan di Gilirejo Baru, Kecamatan Miri, Sragen, perlu melibatkan akademisi dari perguruan tinggi.

Duh, 86 Ha Sawah di Bulu Sukoharjo Terendam Banjir Luapan Kali Buntung

Hujan yang mengguyur wilayah Sukoharjo mengakibatkan ketinggian air Kali Buntung bertambah signifikan pada Minggu (16/1/2022) malam.

Gede Banget! Pemkot Solo akan Bangun Gedung Berkapasitas 15.000 Orang

Pemkot Solo berencana membangun gedung pertemuan atau hall yang diklaim sangat besar dan mampu menampung hingga 15.000 orang.

Vaksinasi Anak Dosis II Boyolali Dimulai, Targetkan 5.360 Sasaran

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dosis pertama di Boyolali hingga Senin ini sudah mencapai 94.514 sasaran atau sekitar 98,7 persen dari target 95.713 sasaran.

+ PLUS Keraton Pengging, Cikal Bakal Kerajaan Pajang yang Hilang di Boyolali

Joko Tingkir yang menjadi raja pertama Kesultanan Pajang merupakan cucu dari Andayaningrat yang pernah memimpin Keraton Pengging.

Tim Gabungan di Bulu dan Mojolaban Gencarkan Patroli Tegakkan Prokes

Sasaran patroli yakni menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang masih beraktivitas malam agar tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes), terutama saat berada di luar rumah.

Berkat KIP, Mahasiswa asal Miri Sragen Ini Bisa Kuliah Sekaligus Usaha

Berkat Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, seorang warga Miri, Sragen, dari keluarga miskin bisa kuliah bahkan membuka usaha.

Segini Kerugiannya, Gara-Gara Bakul Pasar Tanjung Klaten Mogok Jualan

Sebanyak 256 pedagang Pasar Tanjung, Klaten mendadak mogok berjualan Senin (17/1/2022) sehingga menyebabkan perputaran uang mencapai Rp100 juta per hari terhenti.

Kearifan Lokal Boyolali, Kerajinan Logam Cepogo Kian Mendunia

Produk kerajinan seni kriya logam dari Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Boyolali, merupakan kearifan lokal yang kian mendunia.

Waduh! Pasar Tanjung di Klaten Sepi, Pembeli Kecele

Sejumlah pembeli kecele saat datang ke Pasar Tanjung di Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Senin (17/1/2022) pagi.

+ PLUS Piala Dunia U-20 Jadi Momen Emas Eksplorasi Sport Tourism di Kota Solo

Datanganya wisatawan domestik dan mancanegara saat gelaran Piala Dunia U-20 pada 2023 bisa menjadi momen emas untuk pengoptimalan potensi destinasi sport tourism di Kota Solo.

Hipmi Boyolali Punya Ketua Baru, Program ke Depan Ingin Dampingi UMKM

Anggota Hipmi Boyolali sekitar 40 orang, terdiri dari pengusaha jasa kontruksi, pengusaha apotek, pengusaha tempat wisata, kuliner, peternak, konter, dan lain-lain.

Ini Lo Penyebab Retribusi di Pasar Tanjung Klaten Naik Ugal-Ugalan

256 pedagang di Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten, Jateng mogok berjualan di pasar setempat, Senin (17/1/2022) pagi karena memprotes kenaikan retribusi ugal-ugalan pada awal 2022.

Retribusi Pasar Tanjung Klaten Naik Ugal-Ugalan, Bakul Mogok Berjualan

Sebanyak 256 pedagang di Pasar Tanjung, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mendadak mogok berjualan di pasar setempat, Senin (17/1/2022) pagi.

Nunggak Semi Boyolali-Sukoharjo Angon Rasa ke Magelang, Ini Tujuannya

Komunitas Nunggak Semi adalah komunitas yang bergerak di bidang sosial, seni dan budaya.