LONGSOR KLATEN : Sempat Terjebak, 24 Truk Keluar dari Lokasi Tebing Longsor

 Lokasi penambangan pasir di aliran Sungai Kaliworo wilayah Dukuh Trayu, Desa Kendalsari, Kemalang, Klaten, ditinggalkan para penambang setelah tebing sungai longsor, Rabu (28/1/2015). Dari kejadian itu, seorang penambang tewas tertimba batu cadas. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Lokasi penambangan pasir di aliran Sungai Kaliworo wilayah Dukuh Trayu, Desa Kendalsari, Kemalang, Klaten, ditinggalkan para penambang setelah tebing sungai longsor, Rabu (28/1/2015). Dari kejadian itu, seorang penambang tewas tertimba batu cadas. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Longsor Klaten, 24 truk yang sempat terjebak longsor di Kali Woro berhasil dievakuasi.

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 24 truk yang sempat terjebak longsoran tebing Kali Woro wilayah Dukuh Karangbutan, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Sabtu (25/2/2017), akhirnya bisa dievakuasi pada Minggu (26/2/2017) pagi.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Ke-24 truk tersebut terjebak tebing Kali Woro yang longsor 700 meter dari Cekdam 1, Dukuh Karangbutan, Desa Sidorejo, Sabtu sore. Sebanyak 24 truk terjebak di badan Kali Woro setelah jalan keluar tertutup material longsor dan aliran air hujan. Tak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Lokasi longsor kerap digunakan aktivitas penambangan manual.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Bambang Giyanto, mengatakan 24 truk tersebut keluar dari lokasi pada Minggu pagi. “Jadi, truk itu mau maju tertutup tebing longsor, mau mundur masih ada aliran air,” kata dia, Minggu siang.

Bambang menjelaskan jalur yang dilintasi truk berada di alur Kali Woro. Karena itu, akses keluar truk bisa melintasi berbagai jalur di sepanjang kali tersebut. “Yang terkena longsor itu bukan jalan umum, namun badan kali yang digunakan truk penambang. Jadi, ada beberapa lintasan di kali tersebut. Truk-truk itu bisa keluar tadi sebelum fajar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan ada sejumlah lokasi tebing yang longsor. Longsoran tersebut dipastikan tak berakibat fatal.

Salah satu sukarelawan di Kecamatan Kemalang, Joko, mengatakan truk bisa keluar setelah dibuatkan akses di Kali Woro untuk aktivitas penambangan manual. Ia memastikan tak ada korban jiwa atau kerusakan truk dari peristiwa tersebut. “Tadi ada gotong royong dari penambang dibantu sukarelawan untuk membuatkan jalur agar truk bisa keluar. Semua truk sudah bisa keluar dari lokasi itu,” urai dia.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tetapkan Ferdy Sambo Tersangka, Kapolri Dinilai Telah Lulus Ujian

      Hendardi menyadari pilihan Kapolri tersebut tidak mudah lantaran Ferdy Sambo pasti punya posisi kuat di Polri.

      Siswa SD Dibunuh Paman saat Belajar di Kelas

      Seorang siswa SD berinisial S, 10, meninggal dunia setelah ditikam dengan pisau oleh pamannya sendiri.

      Jelang Persis Vs Persita, Ryo dan Rodriguez Latihan Keras di Banyuanyar

      Ryo Matsumura adalah pemain asal Negeri Sakura yang pernah merumput di Liga Thailand pada 2019.

      APG Bukan Hajatan Biasa

      Di balik aksi gigih dan gagah para atlet disabilitas berkompetisi untuk menjadi yang terbaik (baca: juara) di 14 cabang olahraga yang digelar, terdapat berbagai nilai-nilai besar yang akan diresonansikan ke masyarakat lokal, nasional, regional, maupun global. Nilai-nilai humanis dan aneka pesan moral berenergi dengan paradigma development of sport, sekaligus development trough sport. Hal itulah yang menjadi alasan utama mengapa APG bukan sebuah hajatan biasa.

      Kesetiaan yang Tersakiti dalam Lagu Teteg Ati Versi Damara De

      Lirik lagu Teteg Ati versi Damara DE telah diunggah sejak 26 Juli 2022 di Youtube dan sudah ditonton lebih dari 1,7 juta kali.

      Bakal Ada Razia Pembuang Sampah Sembarangan di Solo, Sanksinya Berat Lo

      DLH bersama Satpol PP Solo tengah menyusun rencana razia pembuang sampah sembarangan di Kota Bengawan khususnya di Jl Slamet Riyadi.

      Suporter Geruduk Latihan Persis Solo, Ada Apa?

      Surakartans dan sejumlah kelompok pendukung Persis Solo menggeruduk lokasi latihan Persis Solo, di Lapangan Banyuanyar, Solo, Selasa (9/8/2022) sore.

      Termahal Ketiga di Zlate Moravce, Segini Harga Egy Maulana Vikri

      Di Liga Slowakia tersebut Egy akan bertemu dengan rekan senegaranya, Witan Sulaeman, yang juga berlabuh ke salah satu klub setempat yaitu AS Trencin dengan durasi 2 tahun.

      Begini Kiat agar Anak Siap Hadapi Tantangan Masa Depan

      Orang tua perlu mempersiapkan agar anak siap menghadapi tantangan di masa depan.

      BMKG: Perubahan Iklim di Indonesia Berada Pada Kondisi Kritis

      Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan perubahan iklim di Indonesia pada batas kondisi kritis.

      Jejak Ferdy Sambo, Akhir Karier Pelopor Kaus Turn Back Crime

      Bersama sang atasan, Dirreskrimum Polda Metro Jaya Krisna Murti, Ferdy Sambo mempopulerkan kaus bertuliskan Turn Back Crime. 

      Arti Mimpi Berada di Taman Hiburan, Pertanda Baik?

      Berikut ini sejumlah arti mimpi terkait taman hiburan.

      Dukung Konser Dream Theater di Solo, PLN Berikan Layanan Istimewa

      PT PLN (Persero) memberikan dukungan penuh dan layanan istimewa untuk kelancaran konser Dream Theater di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022).

      Kasus Pemaksaan Jilbab, Pemda DIY Bakal Temukan Guru & Ortu Siswi

      Pemda DI Yogyakarta bakal temukan orang tua siswi dengan pihak sekolah terkait kasus pemaksaan berjilbab di SMAN 1 Banguntapan.

      Mengenal Kamaz, Truk Legenda Asal Rusia Peserta Reli Paris-Dakar

      Truk Kamaz bisa dibeli di Indonesia, distributornya yaitu PT Pusaka Bumi Tranpsortasi yang juga merupakan bagian dari Blue Bird Group.

      Sedih! Sepanjang 2022, Sudah 2 Anak Pengidap AIDS di Kudus Meninggal

      Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Kudus mencatat sudah ada 2 anak penderita AIDS di wilayahnya yang meninggal dunia sepanjang 2022.