SOLOPOS.COM - Pantai Jungwok, Jepitu, Girisubo masih tergolong sepi karena jarang dikunjungi. Pantai Jungwok menyajikan pemandangan alam yang indah. Foto diambil Rabu (5/11/2014). (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Longsor Gunungkidul terjadi di tebing Jungwok.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Bukan hanya tebing Pantai Sandranan yang merupakan tebing pantai rawan ambrol. Melainkan tebing dari sebuah gunung, berukuran belasan meter yang berada di sebelah timur Pantau Jungwok, Kecamatan Girisubo pada Kamis (25/6/2015) lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada Minggu (28/6/2015), Koordinator SAR wilayah I pantai Wediombo, Sunu Handoko Anggara mengatakan tebing itu runtuh akibat terkikis atau tergerus terjangan ombak. Dalam kejadian tersebut tidak ditemukan adanya korban jiwa.

“Karena kondisi gunung bebatuan itu setiap harinya diterjang ombak pasang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, akses gunung tersebut menuju gunung itu hanya bisa dilakukan saat kondisi pantai sedang surut, sebab jika pasang, maka jalan tertutup oleh genangan air yang tinggi. Gunung bebatuan yang roboh itu, berada cukup jauh dari jangkauan wisatawan sehingga tidak berbahaya. Setiap harinya hanya dipasang jaring oleh warga untuk mencari lobster.

Meski demikian, hingga kini masih belum ada pemasangan rambu-rambu di lokasi. Padahal menurutnya, pemasangan rambu-rambu dibutuhkan untuk mengantisipasi kondisi seperti ini, sebab banyak gunung ataupun tebing yang terletak di pesisir pantai selatan masih perlu diwaspadai.(ufe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya