SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKABUMI—Sebanyak lima penambang emas di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tertimbun longsor saat mereka mencari emas di lokasi tambang yang berada di Kampung Talaga, Desa Cicadas.

“Sampai saat ini baru satu orang yang dinyatakan tewas atas nama Aep warga Kecamatan Ciemas, sementara empat lagi selamat, tiga orang dirawat di Puskesmas Cicadas dan satu lagi terpaksa dilarikan ke RSUD Palabuhanratu, karena mengalami luka yang cukup parah,” kata Ketua Badan Search and Rescue Daerah (Basarda) Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri Assidiqie, Senin (10/12/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Okih, data yang diterima oleh pihaknya masih simpang siur, bahkan ada yang menyebutkan ada 13 orang penambang yang tertimbun reruntuhan longsoran tebing setinggi 400 meter yang merupakan areal tambang emas. Sampai Senin malam pihaknya masih melakukan pendataan dan pencarian korban.

Ekspedisi Mudik 2024

Lebih lanjut, selain yang tertimbun longsor ada penambang yang terbawa arus Sungai Cipanengah, tetapi karena kondisi medan yang cukup berat ditambah masih berpotensi longsor dan arus sungai yang cukup besar sehingga menyulitkan tim SAR gabungan untuk melakukan pencarian.

“Pencarian untuk hari ini kami tunda dahulu dan akan dilanjutkan pada Selasa, 11/12 sekitar pukul 07.00, saat ini kami masih melakukan pendataan terhadap warga dan penambang,” katanya.

Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi dan intansi lainnya untuk memberikan bantuan dan mengevakuasi para korban yang saat ini sudah di lokasi terjadinya longsor. Longsor tersebut menurut informasi disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur daerah tersebut. Saat longsor terjadi, masih cukup banyak penambang yang masih melakukan aktivitas mencari emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya