SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok Harian Jogja)

Harianjogja.com, NGLIPAR—Longsor nyaris menimpa rumah Suyatmi di Dusun Gagan, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Minggu (26/1/2014).

Suyatmi menuturkan peristiwa terjadi sekitar pukul 06.30 WIB. Ketika itu ia sedang beraktivitas di dalam rumah sedangkan kedua cucunya, Rumiyatun dan Audila, masih terlelap.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

“Ketika itu saya agak kesiangan dan baru akan salat subuh. Tiba-tiba terdengar suara bergemuruh dan tanah mulai longsor,” paparnya, Minggu (26/1/2014).

Menurut Suyatmi, longsor tidak terjadi sekaligus. Tanah bagian bawah longsor terlebih dahulu kemudian diikuti tanah di bagian yang lebih atas. Batu-batu besar juga ikut menggelinding.

Kepala Bagian Pembangunan Desa Pengkol Muryanto menuturkan ada batu besar yang hampir menabrak teras rumah. Beruntung batu tersebut berhenti beberapa sentimeter dari teras.

“Penduduk sudah kerja bakti untuk memecah batu. Besok [hari ini] kami juga akan kembali kerja bakti untuk membersihkan sisa-sisa longsor,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya