SOLOPOS.COM - Tanah longsor menerjang wilayah Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Senin (13/6/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada Senin (13/6/2022) sore. Kondisi ini mengakibatkan tanah longsor dan pohon tumbang di sejumlah wilayah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar mendata tanah longsor menerjang wilayah Kecamatan Karangpandan. Longsor dilaporkan di dua lokasi, masing-masing Bulurejo RT 002/ RW 015 dan Plesungan RT 002/RW 009, Desa Karangpandan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Pelaksana BPBD Karanganyar, Bagus Darmadi, mengatakan tanah longsor terjadi pada talud semipermanen sepanjang delapan meter dan tinggi 2,5 meter. Kemudian talud permanen sepanjang lima meter dan tinggi tiga meter juga longsor.

“Bencana tanah longsor mengancam rumah induk dan kamar mandi warga,” katanya.

Baca Juga: Waduh! Hujan Deras di Karangpandan Karanganyar, Talut 30 Meter Longsor

Tanah longsor terjadi setelah Karangpandan diguyur hujan deras. Hingga petang ini proses evakuasi pembersihan lokasi dari material longsoran masih berjalan. Pembersihan melibatkan sukarelawan, warga, unsur polisi dan tentara serta petugas BPBD.

pohon tumbang
Petugas menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa rumah warga Dusun Pakis, Desa Genengan, Kecamatan Jumantono, Karanganyar, Senin (13/6/2022). (Istimewa)

Selain longsor, angin puting beliung menerjang wilayah Jumantono. Sebatang pohon tumbang dan menimpa rumah warga Dusun Pakis, Desa Genengan.

“Teras rumah warga rusak tertimpa pohon,” katanya.

Menurut keterangan pemilik rumah, Subiyanto, 55, hujan deras disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Akibatnya, pohon di depan rumahnya tumbang dan menimpa teras.

Baca Juga: Tebing 7 Meter di Karanganyar Longsor, Jalan Antarkecamatan Tertutup

Tim BPBD menuju lokasi untuk berkoordinasi dengan aparat setempat. Kemudian dilakukan pohon tumbang itu dan membersihkan lokasi.

“Kami juga menyerahkan bantuan logistik untuk korban longsor dan angin puting beliung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya