SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanah longsor (JIBI/Solopos/Antara)

Longsor Banyumas yang terjadi Selasa (23/2/2016) sore menimpa bangunan sekolah.

Semarangpos.com, BANYUMAS – Tiga ruang Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ma’arif Nahdlatul Ulama 2 Ajibarang yang berlokasi di Desa Jingkang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, rusak akibat tertimpa longsoran tanah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Peristiwa ini terjadi pada hari Selasa (23/2/2016), sekitar pukul 16.50 WIB, setelah talut yang baru selesai dibangun itu jebol. Wilayah ini diguyur hujan selama dua hari dua malam,” kata guru Olahraga SMP Ma’arif NU 2 Ajibarang Wahyu, Ari Wibowo, di Desa Jingkang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Rabu (24/2/2016).

Sebelum peristiwa itu terjadi, kata dia, sempat terdengar suara gemuruh dari atas yang disusul dengan ambruknya talut dan dinding ruangan kelas tersebut.

Akibat kejadian tersebut, lanjut dia, satu ruang kelas rusak parah sedangkan dua kelas lainnya hanya terkena dampaknya.

“Dua ruang yang terkena dampaknya, yakni satu kelas dindingnya roboh dan satu kelas atapnya yang ambruk. Beruntung saat kejadian, kegiatan belajar mengajar sudah selesai sehingga tidak menimbulkan korban jiwa,” katanya.

Oleh karena kondisi ruangan kelasnya mengalami kerusakan, kata dia, siswa Kelas VII A, VII B, dan VII C mengikuti kegiatan belajar mengajar di mushala, Laboratorium IPA, dan gudang.

Menurut dia, gudang tersebut sebelumnya merupakan ruang kelas namun sekarang kondisinya sudah tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar.

“Siswa dipulangkan lebih awal setelah mereka bekerja bakti di ruang kelas mereka yang rusak,” katanya.

Terkait talut yang jebol, Wahyu mengatakan bangunan yang baru selesai pengerjaannya sekitar satu minggu itu sebenarnya ditujukan untuk pelebaran halaman sekolah.

Setelah talut tersebut selesai dibangun, kata dia, rencananya akan ditinggikan dan dipadatkan sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan siswa.

“Namun sebelum pemadatan dilakukan, ternyata malah keburu longsor,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya