SOLOPOS.COM - Ilustrasi mayat. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, BANJARNEGARA – Sebanyak 12 jenazah korban bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, telah ditemukan oleh tim Search and Rescue (SAR) gabungan.

“Kemungkinan masih banyak korban yang belum ditemukan dan masih tertimbun tanah longsor,” kata Kepala Kepolisian Resor Banjarnegara Ajun Komisaris Besar Polisi Wika Hardianto, di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Sabtu (13/12/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia mencontohkan sebuah mobil yang tertimpa longsor saat melintas di ruas jalan Karangkobar-Banjarnegara saat bencana longsor tersebut terjadi.

Ia menerima informasi jika mobil itu ditumpangi lima orang, dua di antara telah dievakuasi sehingga ada tiga orang yang tertimbun longsor dan belum ditemukan.

Terkait material longsoran yang menutup ruas jalan Karangkobar-Banjarnegara, dia mengatakan material tersebut belum bisa disingkirkan karena dikhawatirkan tanah dari atas kembali turun.

“Kondisi tanah masih labil dan terus bergerak,” katanya.

Sementara berdasarkan data Posko Induk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara di Kantor Koperasi Pegawai Republik Indonesia, jumlah korban meninggal dunia yang telah ditemukan sebanyak 12 orang, tujuh orang di antaranya telah teridentifikasi, serta 15 korban selamat ditemukan dalam kondisi luka-luka.

Tujuh korban meninggal dunia yang berhasil diidentifikasi, yakni Ruliyah, 30, warga Desa Karangkobar, Joko Adi Purnomo, 18, warga Desa Gumelar, Karangkobar.

Misman, 25, warga Desa Gumelar, Sukirno, 20, warga Desa Gumelar, Bahrun, 70, warga Dusun Jemblung, Andi, 30, warga Desa Grogol, Karangkobar, dan Hadi, 60, warga Dusun Jemblung.

Seperti diwartakan, puluhan rumah yang dihuni sekitar 300 jiwa dari 53 keluarga di Dusun Jemblung RT 05 RW 01, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, dilaporkan tertimbun tanah longsor yang terjadi pada hari Jumat (12/12/2014), sekitar pukul 17.30 WIB.

Kepala Desa Sampang Purwanto mengatakan pertolongan belum dapat dilakukan karena tanah terus bergerak dan kondisi gelap gulita.

“Sebagian besar sudah menyelamatkan diri, yang lain belum diketahui,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya