SOLOPOS.COM - Salah seorang warga menunjukkan kondisi longsor di perumahan Ungaran Asri Regency. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG — Warga di Perumahan Ungaran Asri Regency Punsae membikin talut sementara dari karung pasir guna mencegah potensi longsor yang semakin meluas di masa mendatang. Di waktu sebelumnya, lokasi di dekat perumahan tersebut dilanda musibah longsor.

Pantauan Solopos.com di lokasi longsor, Senin (31/1/2023), warga telah membangun talut. Di samping itu juga membikin jalan air yang dibuat dari lapisan seng. Salah seorang warga, Sukino, mengatakan setiap malam lokasi kejadian selalu dipantau sukarelawan serta perangkat desa.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Ini juga dibuat talut sementara dari beberapa karung pasir. Untung saja beberapa hari ini tidak hujan,” katanya.

Dampak dari longsor yang di dekat perumahan telah mengakibatkan keretakan skala kecil di rumah warga. Warga menambal retakan agar tak semakin meluas.

“Rumah anak saya juga sudah sudah ada retak-retak sedikit. Khawatir juga kalau hujan deras lagi [beberapa warga ada yang mengungsi ke lokasi yang dinilai lebih aman] ” ujarnya.

Kepala Desa (Kades) Kalongan, Yarmuji, mengimbau kepada warga setempat agar selalu hati-hati dan waspada. Saat hujan deras dan terdapat tanda-tanda longsor diminta segera melapor ke Ketua RT atau perangkat desa.

“Kami juga sudah berkomunikasi dengan pihak pengembang untuk bagaimana nantinya memperbaiki dan mengantisipasi agar tidak terjadi longsor kembali, ” kata Kades.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya