SOLOPOS.COM - Ilustrasi objek wisata di Kabupaten Sleman, DIY. (JIBI/Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Solopos.com, SLEMAN — Destinasi wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kembali ramai dikunjungi wisatawan pada libur panjang akhir pekan atau long weekend kali ini. Bahkan, okupansi sejumlah hotel di Sleman disebut-sebut lebih tinggi daripada saat libur Lebaran beberapa waktu lalu.

Sejumlah ruas jalan utama dan alternatif banyak dipadati kendaraan dari luar kota. Meningkatnya volume kendaraan pada akhir pekan ini terlihat juga perbatasan DIY-Jawa Tengah. Penumpukan kendaraan nampak terlihat di sepanjang jalan Solo hingga Ring Road.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Suparmono, mengakui adanya peningkatan jumlah wisatawan di sejumlah destinasi wisata. Namun, dari jumlah total kunjungan wisatawan pada akhir pekan ini masih didata. “Memang benar ada kenaikan kunjungan di Kabupaten Sleman pada Sabtu ini, bila dibandingkan hari-hari sebelumnya,” kata Suparmono kepada Harian Jogja, jaringan Solopos Media Group (SMG), Sabtu (14/5/2022).

Kenaikan kunjungan wisatawan tersebut, lanjut pria yang akrab disapa Pram itu, tidak terlepas dari libur panjang akhir pekan atau long weekend yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak pada Senin (16/5/2022). Selain itu, lanjutnya, kepadatan lalu lintas tidak lepas dari pelaksanaan wisuda pelajar sekolah menengan atas (SMA) yang banyak dilaksanakan pada Sabtu ini.

“Selain itu, pelaksanaan UTBK SBMPTN yang mulai dilaksanakan pada 17 Mei – 3 Juni 2022 mendatang juga meningkatkan jumlah orang yang berkunjung ke Sleman,” katanya.

Baca juga: Long Weekend, Puluhan Ribu Pengunjung Diprediksi Serbu Ngargoyoso

Pram menyebut sejumlah destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan saat ini masih berkonsep wisata alam terbuka. Seperti destinasi wisata candi, utamanya candi-candi yang dikelola PT TWC (Candi Prambanan dan Ratu Boko) menjadi favorit pengunjung. “Setidaknya yang datang antara 7500 hingga 8000 orang yang berkunjung di kedua candi tersebut. Pengunjung didominasi rombongan keluarga,” paparnya.

Destinasi wisata lain yang ramai dikunjungi adalah destinasi wisata alam seperti Tebing Breksi, kawasan Kaliurang dan Kaliadem. Tercatat destinasi, kata Pram, setidaknya 3.000 orang mengunjungi Tebing Breksi. Kawasan Kaliurang setidaknya dikunjungi 2.000 orang dan tak kurang dari 1.500 orang yang mengunjungi destinasi yang ada di kawasan Kaliadem.

“Destinasi wisata buatan yang ramai dikunjungi pengunjung adalah Studio Alam Gamplong, Jogja Exotarium, Agrowisata Bhumi Merapi, dan Merapi Park,” ujarnya.

Baca juga: Wisata Sleman Banyak Disukai Turis Eropa

Pram juga menyebut sejumlah hotel yang berada di seputaran Jalan Affandi, Jalan Laksda Adisutjipto, dan Ringroad Utara melaporkan kenaikan tingkat okupansi pada Sabtu sebesar lebih dari 30% bila dibandingkan dengan okupansi pada hari-hari sebelumnya.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul Long Weekend, Sleman Diserbu Wisatawan, Hotel Lebih Ramai daripada Saat Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya