Long Weekend, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Semarang

Berikut rekomendasi sejumlah tempat wisata yang mengusung konsep keluarga di wilayah Semarang Raya.

 Saloka Theme Park. (Dok. Solopos.com)

SOLOPOS.COM - Saloka Theme Park. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Akhir pekan ini masuk dalam kategori long weekend atau libur akhir pekan karena Sabtu (8/10/2022), merupakan hari libur nasional bertepatan dengan perayaan Maulud Nabi. Long weekend pun menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berikut rekomendasi sejumlah tempat wisata keluarga yang ada di wilayah Semarang Raya.

Semarang memang memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik dengan beragam tema. Tak hanya wisata alam, di sejumlah daerah di Semarang juga menyajikan konsep yang beraneka seperti kuliner, ekstrem atau petualangan, hingga keluarga.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Nah, untuk tempat wisata keluarga ada sejumlah lokasi di Semarang yang sangat rekomendasi. Tempat-tempat wisata itu tidak hanya terletak di Kota Semarang tapi juga di wilayah Kabupaten Semarang seperti Bawen, Ungaran, hingga Bandungan.

Berikut rekomendasi tempat wisata keluarga di wilayah Semarang, dilansir dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id:

  • Dusun Semilir
rekomendasi wisata keluarga semarang wisata anak semarang Stupa di Dusun Semilir Eco Park, Bawen, Jawa Tengah. (Instagram @dusunsemilir)
Stupa di Dusun Semilir Eco Park, Bawen, Jawa Tengah. (Instagram @dusunsemilir)

Dusun Semilir dibuka untuk umum pada tahun 2019. Daya tarik wisata ini terus berkembang, mulai dari sentra belanja dan oleh-oleh, lalu pusat kuliner, spot foto ala Eropa dan Korea yang instagrammable. Selain itu, di tempat wisata ini juga terdapat berbagai wahana permainan yang menarik seperti perosotan pelangi, kereta dan trem wisata, hingga berkuda.

Baca juga: Patut Dicoba, Ini 4 Rekomendasi Tempat Kuliner Kepala Manyung di Semarang

Pada akhir tahun 2020, Dusun Semilir dilengkapi dengan penginapan yang dikenal dengan Dusun The Villas yang memiliki pool view yang cantik. Lokasinya sangat strategis tak jauh dari exit tol Bawen.

  • Grand Maerakaca

Rekomendasi tempat wisata keluarga lainnya di Semarang adalah Grand Maerakaca. Grand Maerakaca terletak di kawasan Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jateng di Kota Semarang.

Daya tarik wisata di Grand Maerakaca ini cukup banyak seperti wisata budaya yang menampilkan rumah adat dari berbagai provinsi di Jateng. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat trekking mangrove, danau dengan perahu wisata, spot foto, pusat kuliner dan mini golf.

  • Saloka Theme Park

Saloka Theme Park yang berlokasi di Tuntang, Kabupaten Semarang, masuk dalam rekomendasi tempat wisata keluarga. Saloka Theme Park disebut-sebut sebagai taman hiburan terbesar di Jateng yang menyajikan berbagai wahana permainan yang menantang dan cocok untuk liburan keluarga.

Baca juga: Ini Jadwal dan Daftar Agenda Wisata di Jateng pada Oktober 2022

Di tempat wisata ini ada wahana bianglala dengan tinggi mencapai 33 meter, kapal jenju, dancing fountain, wahana kumbang layang, dan lain-lain. Pastinya berwisata di Saloka Theme Park pun dijamin asyik dan menyenangkan.

  • Taman Bunga New Celosia
rekomendasi wisata keluarga semarang
Sejumlah wisatawan tengah berfoto di Taman Bunga New Celosia. (Instagram @taman_bunga_celosia)

Kawasan Bandungan di Kabupaten Semarang tidak hanya dikenal dengan sejumlah tempat hiburan malam berupa karaoke. Di kawasan ini juga terdapat sejumlah tempat wisata keluarga yang cukup direkomendasikan, salah satunya adalah Taman Bunga New Celosia.

Terletak di Jalan Candi Gedong Songo, Taman Bunga New Celosia merupakan taman yang menyajikan aneka bunga dan tanaman hias yang cantik. Tempat ini pun sangat cocok untuk berfoto bersama keluarga karena menyajikan spot selfie, wahana permainan anak, hingga persewaan pakaian tradisional khas Korea Hanbok. Tak hanya berfoto ria, pengunjung juga dapat membeli aneka jenis tanaman dan bibit bunga di Taman Bunga New Celosia.

Baca juga: Akhir Tahun Jadi Puncak MICE, Okupansi Hotel di Solo Diharap Ikut Terkerek

  • Goa Kreo

Satu lagi rekomendasi tempat wisata keluarga yang ada di Kota Semarang, yakni Goa Kreo. Goa Kreo bisa menjadi tempat pilihan bagi keluarga yang ingin berinteraksi dengan hewan. Hal itu dikarenakan tempat wisata yang terletak di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, ini terdapat banyak kera ekor panjang.

Namun tidak hanya itu. Di tempat wisata Goa Kreo, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah dari Waduk Jatibarang.

  • Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan tempat wisata yang berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Tempat ini sangat direkomendasikan sebagai tempat wisata keluarga karena menawarkan panorama alam pegunungan dengan berbagai fasilitas seperti outbond training, adrenalin games, kolam renang dengan mata air alami, camping ground, penginapan, pondok kopi, hingga meeting room.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata keluarga yang ada di wilayah Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Selamat berlibur!

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Banjir Bandang Akibatkan 1 Orang Meninggal dan 146 Warga di Pati Dievakuasi

      Banjir bandang yang melanda dua desa pada dua kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), mengakibatkan 1 orang meninggal dunia dan 146 orang dievakuasi.

      Cabul! Pria di Tegal Rudapaksa Bocah Perempuan saat Tidur

      Seorang pria paruh baya di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng), tega melakukan perbuatan rudapaksa terhadap bocah perempuan berusia 13 tahun yang tengah tidur.

      Seharian Hujan Lebat, 3 Kecamatan di Pati Tergenang Banjir Bandang

      Sejumlah desa di tiga kecamatan pada Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng) diterjang banjir bandang pada Rabu (30/11/2022).

      Resmi! Intiyas Utami Jabat Rektor UKSW 2022-2027

      Prof Intiyas Utami resmi menjabat sebagai Rektor UKSW Salatiga untuk periode 2022-2027.

      Foto Sosok Dheo Daffa, Pembunuh Keluarga di Magelang Beredar di Medsos

      Foto sosok pelaku pembunuhan keluarga di Magelang, Dheo Daffa, beredar dan viral di media sosial atau medsos.

      Ternyata! DD Magelang Beri Dawet Campur Racun ke Orang Lain Selain Keluarga

      DD atau Dheo Daffa Syahdilla, anak yang bunuh keluarga dengan racun ternyata juga memberikan racun dicampur minuman dawet ke orang lain.

      Dampak Perang Rusia, Ekspor Udang Cilacap ke Eropa Drop

      Krisis Eropa akibat perang Rusia turut dirasakan petambak udang di Cilacap di mana permintaan ekspor menurun.

      Baznas Susun Strategi Entaskan Kemiskinan dengan Zakat di UIN Semarang

      Baznas menggelar Konferensi Zakat Indonesia ke-6 atau The 6th ICONZ di Auditorium UIN Walisongo, Kota Semarang, Jateng.

      UMK Kudus 2023 bakal Naik 6,5%, Jadi Rp2,5 Juta

      Bupati Kudus, HM Hartopo, memberikan sinyal kenaikan UMK Kudus pada 2023 kemungkinan mencapai 6,5% atau menjadi Rp2,5 jutaan.

      Tidak Hanya Arsenik, Anak Bunuh Keluarga di Magelang Juga Pakai Racun Lain

      Pelaku pembunuhan satu keluarga di Magelang ternyata menggunakan dua jenis racun untuk menghabisi para korban.

      UMP Jateng 2023 Naik 8,01%, UMK Pekalongan Masih Misteri

      Pemkot Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), hingga kini belum merumuskan besaran UMK 2023 yang akan diusulkan ke Gubernur Jateng.

      Polisi Dalami Motif Lain Anak Bunuh Keluarga di Magelang dengan Racun

      Polisi mendalami motif lain di balik aksi kejam DD, anak yang bunuh keluarga sendiri di Magelang, Jawa Tengah (Jateng), dengan racun.

      Pj Wali Kota Salatiga Minta Ajarkan Guru Berinovasi, Bukan Digurui Pengabdian

      Guru diajarkan berinovasi bukan digurui tentang pengabdian, karena guru adalah pengabdi yang tidak kenal pamrih.

      Bupati Blora Ajak Korpri Terus Berinovasi Melayani Masyarakat Setulus Hati

      Dalam upacara peringatan HUT ke-51 Korpri tingkat Kabupaten Blora, Selasa (29/11/2022), Bupati Arief Rohman bertindak sebagai inspektur.

      Perhatian! UMK Kota Semarang 2023 Diusulkan Naik 7,95%, Jadi Segini Besarannya

      Berikut perkiraan UMK Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) tahun 2023 jika besaran kenaikan mencapai 7,95 persen.