LOMBA PHBS : 17 SD di Solo Bersaing dalam Lomba PHBS 2015
Ilustrasi mencuci tangan menggunakan sabun antibakteri (getholistichealth.com)

Lomba PHBS 2015 untuk Kota Solo kini dalam tahap penilaian.

Solopos.com, SOLO - Tim Penilai Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) 2015 Kota Solo terjun ke 17 sekolah dasar (SD) yang ditunjuk mewakili sekolah binaan masing-masing puskesmas di Kota Bengawan. Penilaian tersebut telah dilakukan dalam dua pekan ini.

Anggota Tim Penilai PHBS 2015 Kota Solo, Hartoyo, mengemukakan, 17 SD tersebut ditunjuk sebagai peserta lomba PHBS tahun ini karena dianggap telah memenuhi syarat di antaranya terpenuhinya tiga kriteria layanan unit kesehatan sekolah (UKS).

Indikatornya yaitu terdapat pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Sedangkan penilaian dalam lomba tersebut dilakukan terhadap 15 item, di antaranya mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun, membuang sampah pada tempatnya, dan memberantas sarang nyamuk.

“Tim penilai tingkat kota ini personelnya terdiri atas unsur Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Solo, dan Tim Pembina UKS Kota Solo,” terang Hartoyo ketika ditemui wartawan di sela-sela penilaian di SD Muhammadiyah 1 Solo, Kamis (18/6/2015).

Hartoyo yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Koodinasi UKS Kota Solo itu menjelaskan melalui penilaian tersebut akan diambil tiga juara di tingkat kota.

Rencananya, juara pertama dalam lomba itu mewakili Kota Solo dalam lomba serupa untuk tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Dia menyebutkan di sisi lain, selain untuk tataran institusi atau sekolah, lomba PHBS juga dilaksanakan untuk tataran masyarakat. Lomba tersebut diikuti satu wilayah rukun tetangga (RT) untuk setiap kecamatan.

“Penilaian lomba PHBS untuk tataran masyarakat sudah dilaksanakan. Rencananya, selepas Lebaran nanti akan dilakukan penilaian oleh tim dari Provinsi Jawa Tengah. Sementara untuk tataran sekolah ini masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 1 Solo, Muzaini, mengatakan, sebagai salah satu SD yang ditunjuk menjadi peserta lomba PHBS tahun ini, persiapan sudah dilaksanakan sekolah tersebut.

Persiapan tersebut bahkan sudah dimulai sejak peluncuran Sekolah Sehat di SD Muhammadiyah 1 Solo, 2014 lalu. Selain menyosialisasikan kepada anak-anak, orang tua siswa, dan masyarakat di sekitar sekolah, tentang PHBS, sekolah tersebut juga telah menerapkan dan melaksanakannya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom