SOLOPOS.COM - Ilustrasi perpustakaan (Dok/JIBI)

Keberadaan perpustakaan Widodo terus dioptimalisasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

Harianjogja.com, SLEMAN- Perpustakaan Widodo dari Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, masuk sebagai nominator lima besar cluster A lomba perpustakaan desa tingkat nasional.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Kabag Humas Setda Sleman Sri Winarti mengatakan, keberadaan perpustakaan Widodo tersebut terus dioptimalisasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sejak berdiri pada 2015 lalu, perpustakaan tersebut mengaplikasikan berbagai sistem di antaranya layanan terbuka, dan aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS). Sejumlah inovasi juga terus dikembangkan melalui program gerobak buku dan grebeg buku.

Hingga kini, perpustakaan Widodo memiliki koleksi sebanyak 1.693 judul non fiksi, 1.101 buku fiksi, dan 13 judul braille. Dalam tiga bulan terakhir, jumlah anggota perpustakaan tercatat sebanyak 3.250 orang. “Perpustakaan Widodo juga memberikan bermacam layanan seperti sirkulasi, referensi, gerobak dan pick up pintar, serta pelayanan untuk kaum difabel,” kata Winarti, belum lama ini.

Animo masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan tersebut juga tinggi. Tidak hanya membaca, pengunjung dan anggota juga aktif meminjam buku. Jumlah peminjam mencapai 1.700 orang dengan data pengunjung 3.357 orang. “Lokasi perpustakaan Widodo ini memang cukup strategis karena berada di kompleks balai desa yang mudah diakses warga,” kata Winarti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya