SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergelaran musik keroncong (JIBI/Solopos/Dok.)

Lomba Orkes keroncong akan digelar Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (Hamkri) Kota Semarang dengan total hadiah jutaan rupiah.

Semarangpos.com, SEMARANG – Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (Hamkri) Kota Semarang akan menggelar Lomba Orkes Keroncong Tingkat Jawa Tengah 2016 dengan total hadiah uang jutaan rupiah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua panitia lomba, Setiyanto, mengatakan lomba ini merupakan ajang pembuktian bagi pemerintah kabupaten dan kota se-Jawa Tengah (Jateng) dalam melakukan pembinaan musik keroncong di wilayah masing-masing. “Lomba Orkes Keroncong ini menjadi bentuk kompetisi bergengsi hasil pembinaan pemerintah kabupeaten/kota sehingga layak menyandang penampil terbaik atau juara,” katanya di Semarang, Senin (8/8/2016).

Pelaksanaan lomba, lanjut dia, akan digelar di Gedung Wisma Perdamaian Jateng, kawasan Tugu Muda, Kota Semarang pada Sabtu (24/9/2016). “Pendaftaran lomba akan ditutup pada Minggu [18/9/2016],” ujarnya.

Menurut dia, materi lagu yang dibawakan jenis keroncong dan stambul. Peserta dapat memilih judul lagu keroncong yang telah disiapkan panitia antara lain, Segenggam Harapan (karya Budiman B.J.), Bhakti (karya Ismanto), Patorale (karya Kusbini), Senyuman Chandra (karya Sunarno), dan Fajar Pagi (karya Sapari).  Sedangkan untuk lagu stambul antara lain, Kecewa (N.N.), Kasih (karya Samsidi), Patah Sebelum Sampai (karya Budiman B.J), Jauh Di Mata (karya Ismail Marzuki), dan Kenanganku (karya Sapari).

”Jenis instrumentalia musik bebas, sesuai kreativitas masing-masing peserta,” ujar Setiyanto.

Untuk menilai penampilan peserta, imbuh dia, dilakukan juri dari Jogja, Surabaya, dan Jakarta. ”Para juri kalangan merupakan pakar dan kalangan akademisi yang paham musik keroncong,” imbuhnya.

Dia menambahkan juara pertama mendapatkan uang pembinaan senilai Rp7 juta, juara kedua senilai Rp5 juta, juara ketiga senilai Rp3 juta, juara harapan pertama senilai Rp2 juta, juara harapan kedua senilai Rp1,5 juta.”Serta untuk masing-masing penyanyi terbaik putra dan putri mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp1 juta,” imbuhnya.

Bagi grup musik keroncong yang ingin mendaftar, kata dia, bisa menghubungi Setiyanto 08156526140 dan Heru Sukoco 085225524339. ”Sudah ada delapan grup orkes keroncong yang mendaftar sebagai peserta, yakni dari Solo, Klaten, Salatiga, Temanggung, Purbalingga, Semarang, dan Pati,” kata Setiyanto.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya