SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemahaman siswa TK tentang pahlawan nasional masih minim. Hal ini terlihat dari sejumlah siswa TK yang mengikuti lomba mewarnai dalam rangkaian Kulonprogo Day di kompleks Pemkab Kulonprogo, Selasa (3/6/2014).

Mereka mewarnai gambar Pangeran Diponegoro, namun dari beberapa anak yang ditanyai Harian Jogja,  tidak satu pun yang mengetahui gambar siapa yang mereka warnai.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Ini mewarnai pahlawan, tapi tidak tahu siapa,” ujar Nur Afifah Eka Putri, 6, siswa TK ABA Jembatan Putih Karangnongko, Wates, Selasa (3/6/2014).

Nur Afifah mengaku suka mewarnai gambar. Namun, ia tidak mengetahui tokoh yang sedang diwarnainya. Hal senada juga diungkapkan Nurmaryanti, 7, siswi TK Pamardi Putra 4 Pengasih, yang hanya menggelengkan kepala saat ditanya nama tokoh dalam gambar yang sedang ia warnai.

Koordinator lomba lukis dan mewarnai, Rudiyatin, menuturkan, lomba mewarnai dan melukis dengan tema perjuangan digelar untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap pahlawan nasional. “Supaya anak didik mengenal perjuangan para pahlawan,” katanya.

Lomba ini diikuti 303 siswa SD dan TK yang berada di Kecamatan Pengasih dan Wates. Ditambahkannya, peserta lomba yang hanya terbatas pada dua kecamatan berkaitan dengan waktu sosialisasi kegiatan yang mepet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya