SOLOPOS.COM - Bandara Adisutjipto (JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya)

Lomba lari di Bandara Adisutjipto akan digelar Desember mendatang

Harianjogja.com, SLEMAN – Lanud Adisutjipto Jogja menggelar lomba lari dengan tajuk Jupiter Runway Fun Run di area take off landing pesawat dalam rangkaian Gebyak Dirgantara Yogyakarta pada 19 – 20 Desember 2015 mendatang.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Masyarakat bisa merasakan sensasi fun run dengan aman dan tanpa menganggu penerbangan komersial.

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Imran Baidirus menjelaskan, fun run menjadi salah satu rangkaian Gebyar Dirgantara Yogyakarta 2015 dalam rangka HUT Sekbang ke-70. Lomba lari di landasan pesawat merupakan pertama kali digelar di Indonesia.

“Kami sudah mempertimbangkan keamanannya, meski di landasan tapi dipastikan tidak menganggu penerbangan komersial,” terangnya dalam konferensi pers di Markas Komando Lanud Adisutjipto, Jumat (20/11/2015).

Pelaksanaan lomba fun run itu akan memanfaatkan runway sisi selatan dengan panjang 1.957 meter. Runway yang dipakai ini masih aktif sebagai take off landing pesawat militer.

Lokasinya persis berada di sisi selatan runway pesawat komersial sejenis Boeing yang memiliki panjang 2.200 meter. Dengan demikian, peserta fun run dapat berlari persis di sisi selatan berjarak beberapa meter dari pesawat komersial yang akan mendarat maupun lepas landas. “Jadi peserta lari bisa selfie saat pesawat komersial melintas di runway,” ujarnya.

Komandan Wing Pendidikan Terbang Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Azhar Aditama menambahkan, pelaksanaan lari akan mengedepankan fun. Sehingga masyarakat yang biasanya menonton pesawat dari luar pagar bandara, dalam pelaksanaan lari bisa mendekat langsung dengan pesawat. “Itu sensasinya berlari dengan perlintasan di dekat pesawat,” imbuh Azhar.

Danlanud mengatakan dalam Gebyar Dirgantara itu, akan dipertontonkan berbagai kekuatan alutsista TNI AU mulai dari pesawat latih, angkut berat, heli hingga tempur. Total ada 57 pesawat yang bakal tampil dalam static show dan air show.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya