SOLOPOS.COM - Aksi Solo Cenary Mania di Solo CFD, Minggu (5/4/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Lomba burung berkicau digelar di Jogja

Harianjogja.com, JOGJA-Walikota Jogja Haryadi Suyuti meminta pelepasan balon dalam seremonial diganti dengan pelepasan burung. Permintaan ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kendati demikian, ia tidak menampik banyak instansi dan lembaga swasta yang belum mengetahui hal tersebut sehingga pada praktiknya pelepasan balon masih dilakukan dalam seremonial.

“Seperti tadi pagi, ada event yang masih melepaskan balon, mungkin karena belum tahu, saya harap di kemudian hari tidak ada pelepasan balon lagi,” ujarnya saat ditemui pada lomba burung berkicau Walikota Cup di halaman Balaikota Jogja, Minggu (18/10/2015).

Diungkapkannya, imbauan ini bukan berarti ingin mematikan usaha pedagang balon melainkan menempatkan hal sesuai dengan fungsinya. Ia menuturkan, balon tetap digunakan pada event tertentu, misal ulang tahun.

Menurutnya, pelestarian burung perlu dilestarikan bukan hanya untuk penyeimbang lingkungan, melainkan sebagai bentuk klangenan. Dari sisi ekonomis, kata dia, burung juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui transaksi jual beli penggemar hewan tersebut.

Haryadi mencontohkan, kegiatan lomba burung berkicau yang diadakan dapat menjadi ajang silaturahmi dan mendukung perkembangan burung di masyarakat.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Jogja Suyana menuturkan dalam pelepasan burung untuk seremonial tidak dianjurkan menggunakan burung merpati.

“Merpati tidak bisa survive di alam bebas, jadi lebih baik burung-burung kecil biasa selain merpati,” kata Suyana.

Sekretaris Panitia Lomba Burung Berkicau Nugroho menyebutkan peserta lomba mencapai lebih dari 150 orang yang mendafatarkan burung-burung miliknya.

Dijabarkannya, kegiatan yang baru pertama kali digelar Pemkot ini dibagi dalam tiga kategori, yakni Kelas Walikota dengan tiket Rp100.000, Kelas Pamong Praja harga tiket Rp80.000 dan Kelas Rakyat harga tiket Rp50.000.

“Hadiah yang diperebutkan di tiap kelas pun bervariasi, misalnya untuk Kelas Walikota, juara I Rp 1,2 juta berikut tropi setinggi satu mete dan Kelas Pamong Praja Rp 900.000, dan Kelas Rakyat Rp 600.000,” ucapnya.

Burung yang dilombakan, kata dia, meliputi, kenari, kacer, pleci, murai batu, love bird, dan sebagainya.

Terkait mekanisme lomba, Nugroho memberlakukan sistem non teriak. Artinya, tidak boleh ada suara sama sekali dari pemilik burung. “Pemilik yang bersuara akan kena teguran,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya