SOLOPOS.COM - Lomba Artikel Idea UNS-Gaul. Solopos.com

Lomba Artikel Idea Teknik Industri UNS diselenggarakan hasil kerja sama dengan Gaul. Solopos.com. Beri komentar kamu atas artikel berikut ini.

Nama : Taufik Hidayat. Asal SMA: SMA 1 Muhammadiyah Kediri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Indonesia termasuk bagian Negara ASEAN yang akan menghadapi Asean Economic Community yang tepatnya akan berlangsung tahun 2015 mendatang. Pastinya banyak dari orang-orang yang sudah mengerti AEC.

Asean Economic Community merupakan sebuah komunitas-komunitas Negara di kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN demi terwujudnya ekonomi yang terintegrasi.

Apabila AEC tercapai, maka ASEAN akan menjadi pasar tunggal dan berbasis produksi tunggal di mana menjadi arus barang, jasa, investasi, tenaga yang terampil bebas, infrastruktur, sertaarus modal yang lebih bebas di antara Negara ASEAN. Dengan terbentuknya pasar tunggal yang bebas tersebut maka akan terbuka peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan pangsa pasarnya di kawasan ASEAN.

Dimana telah disepakati dalam mewujudkan AEC 2015 di beberapa sector yang diprioritaskanseperti, Agro-based products, e-ASEAN,  Air Travel, Automotive, Healthcare, Rubber-based Products, Textiles and Apparels, Tourism, Wood-based Products,danLogistic Services. Dalam menghadapi AEC 2015, pemerintah Indonesia mau tidak mau harus melakukan langkah-langkah strategis agar Indonesia tidak hanya menjadi Negara pemasaran bagi produk-produk luar negeri.

Tak ketinggalan dalam mengahadapi AEC 2015 ini, dibutuhkan peran mahasiswa dalam membantu dan mempersiapkan diri untuk menghadapi AEC 2015. Salah satu program studi yang dapat mencakupi sector-sektor di AEC 2015 yaitu Teknik Industri.

Perlu diketahui Teknik Industri merupakan suatu gabungan dari ilmu keteknikan dan ilmu manajemen yang mempelajari tentang perancangan, penginstalan, dan perbaikan serta pengembangan suatu sistem yang integral yang terdiri dari manusia, material, peralatan, energi, dan informasi agar tercapai prosedur operasi/kerja sistem yang efektif dan efisien.

Jadi dapat dikatakan pula Teknik Industri merupakan ilmu yang menjembatani antara ilmu keteknikan dan ilmu sosial.Teknik Industri merupakan gabungan dari ilmu matematika, fisika, pengetahuan teknik dan aktivitas bisnis seperti system pemasaran, keuangan, pengembangan sumber daya manusia dan lain-lain, yang fundamental dengan prinsip-prinsip dan metode-metode dari desain dan analisis keteknikan.

Prospek kerja lulusan teknik industry sangatlah luas, yaitu di bidang operasi manajemen mutu, bidang teknologi informasi, bidang pemasaran/manajemen bisnis, bidang industry manufaktur, bidang konsultasi manajemen, bidang manajemen sumber daya manusia, bidang pendidikan.

Tetapi seiring dengan kebutuhan akan hal yang sama terhadap efisiensi dan efektivitas dibidang industri lainnya, termasuk industri jasa, maka semakin berkembang pulalah ruang lingkup kerja Teknik Industri. diketahui lebih banyak bekerja di sektor jasa dibandingkan manufaktur.

Hal ini diakibatkan memang kebutuhan akan efisiensi dan efektivitas ternyata tidak hanya dituntut di industri manufaktur,tetapi juga industri jasa. Terlebih dalam menghadapi AEC 2015 sangatlah dibutuhkan. Di dalam manajemen sumber daya manusia dapat disadari, bahwa pendidikan khususnya pendidikan tinggi memiliki peran penting dalam mendukung pembentukan AEC dan dalam mempersiapkan masyarakat Indonesia untuk menghadapi integrasi regional.

SDM Indonesia di nilai belum sepenuhnya siap menghadapi Asean Economic Community, sehingga SDM Indonesia harus diasah dan diperkuat melalui ke terampilan. Dikarenakan, tenaga kerja terlatih jauh lebih utama dibandingkan dengan tenaga kerja terdidik. SDM terdidik tanpa disertai dengan kompetisi yang memadai dapat dikalahkan oleh tenaga kerja yang terampil dan terlatih. SDM yang dibutuhkanya itu harus mempersiapkn kemampuan bahasa, ilmu pengetahuan, dan tentunya skill.

Untuk bidang operasi manajemen mutu/produksi, tentunya produk yang akan bersaing di AEC 2015 ini haruslah kualitasnya terjamin dan dapat diterima di seluruh kalangan masyarakat, dan selanjutnya dapat dipasarkan di konsumen untuk mendapatkan produk terbaik yang benar-benar bermanfaat baginya. Masih banyak lagi bidang-bidang yang mencakup Teknik Industri dalam mengahadapi AEC 2015 ini.

Sudah terlihat jelas bukan prospek kerja lulusan Teknik Industri sangatlah luas dalam menghadapi AEC 2015 ini?Sangat terbuka sekali peluang kerja bagi anda lulusan Teknik Industri, sooo jangan khawatir ya guys!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya