Lolos Verifikasi, 10 Sekolah di Solo Siap Simulasi PTM
Ilustrasi pembelajaran tatap muka (Solopos-Tri Rahayu)

Solopos.com, SOLO—Sebanyak sepuluh SMA/SMK negeri dan swasta di Solo segera mengikuti jejak SMAN 3 dan SMK Mikael dalam penyelenggaraan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM).

Mereka tersebut lolos verifikasi lapangan terkait persiapan sekolah dalam PTM. Kesepuluh sekolah tersebut adalah SMAN 1, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, SMK Kesehatan Mandala Bakti, SMK Batik 1.

Viral Pria Boyolali Naik Ke Puncak Merapi, Ini Respons Keras BPPTKG

“Setelah verifikasi lapangan Dinas dan Satgas Penanganan Covid-19 selesai, izin untuk menyelenggarakan simulasi PTM sudah diberikan kepada sekolah yang mengajukan,” ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wilayah VII Jawa Tengah (Jateng), Suyanta, Sabtu (28/11/2020).

Selain Solo, sekolah lain di Sukoharjo yang merupakan wilayah cakupan Cabang Disdikbud Wilayah VII juga diizinkan menyelenggarakan simulasi PTM. Mereka adalah SMAN 3, SMK Veteran 1, SMKN 1, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMK Harapan Kartasura, SMK Pembangunan Nasional, SMAN 1 Mojolaban, SMAN 1 Nguter, dan SMAN 1 Tawangsari.

“Yang Sukoharjo, yang mengajukan juga disetujui semua,” imbuhnya.

Protokol Kesehatan

Suyanta menambahkan, pelaksanaan simulasi PTM akan dilakukan Januari 2021. Sebab, pada akhir November hingga awal Desember, siswa sudah memasuki masa penilaian akhir semester (PAS) gasal, dan selanjutnya siswa libur akhir tahun. “Nanti simulasi akan dijalankan Januari 2021. Sebab, Desember [2020] siswa ada PAS dan libur,” imbuhnya.

Gak Kalah Dari Eropa, Ini 7 Salad Lezat Khas Indonesia

Sementara itu, Suyanta mewanti-wanti kepada sekolah penyelenggara PTM agar benar-benar menegakkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yakni mewajibkan kepada siswa, guru, karyawan dan semua pengunjung untuk mencuci tangan sebelum memasuki area sekolah, menggunakan masker, dan menjaga jarak/menghindarkan kerumunan.

Sehingga, meskipun PTM berjalan, keselamatan warga sekolah benar-benar dapat terjaga.

Kepala SMAN 1 Solo, Harminingsih juga mengatakan simulasi PTM akan dilakukan Januari 2021, karena agenda siswa pada Desember adalah PAS dan libur. “[Simulasi PTM Januari], karena setelah PAS siswa libur akhir semester,” ujarnya.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom