SOLOPOS.COM - Pemain Indonesia merayakan gol saat mencukur Nepal 7-0 pada laga terakhir Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Jaber Al-Ahmad International, Kuwait, Rabu (15/6/2022) pukul 02.15 dini hari WIB. (PSSI)

Solopos.com, JAKARTA–Prestasi Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 berpengaruh terhadap peluang Indonesia menjadi tuan rumah. Hingga kini tuan rumah putaran final Piala Asia 2023 belum ditentukan setelah China mengundurkan diri karena pandemi Covid-19 di negara itu belum terkendali.

Peluang Indonesia terbuka karena Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menetapkan salah satu syarat menjadi tuan rumah putaran final Piala Asia 2023 adalah negara yang telah lolos dari kualifikasi.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Windsor John Paul beberapa waktu lalu. Dia mengatakan tuan rumah bisa lebih dari satu negara atau menjadi tuan rumah bersama.

Baca Juga: Termasuk Indonesia, Ini 24 Peserta Putaran Final Piala Asia 2023

AFC sendiri telah mengirimkan penawaran kepada 47 negara anggotanya, termasuk Indonesia, untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Sejumlah negara dikabarkan tertarik menggantikan China menjadi tuan rumah seperti Korea Selatan dan Jepang.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengucapkan terima kasih kepada pelatih Shin Tae-yong (STY), semua pemain, suporter, dan semua stakeholder sepak bola nasional setelah Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Skuat Garuda memastikan lolos setelah pada laga terakhir Grup A di Stadion Jaber Al-Ahmad International Kuwait dini hari tadi menang telak 7-0 atas Nepal. Hasil itu memastikan Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 lantaran menjadi salah satu dari lima peringkat kedua terbaik, dari enam grup di putaran ketiga kualifikasi.

Baca Juga: Bantai Nepal 7-0, Indonesia Akhiri Penantian 15 Tahun ke Piala Asia

Indonesia tertolong oleh hasil laga Palestina yang berhasil menumbangkan Filipina dengan skor 4-0 pada laga terakhir Grup B, Selasa (14/6/2022).

“Alhamdulillah kita lolos ke Piala Asia 2023. Terima kasih kepada seluruh staf pelatih, pemain yang bermain luar biasa, suporter yang mendukung perjuangan pemain di Kuwait, doa semua warga negara Indonesia, dan dukungan Exco PSSI,” ujar Mochamad Iriawan seperti dilansir dari website PSSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya