VP Consumer Solutions Loket, Rama Adrian, (kiri) bersama Marketing Manager Loket.com, Jojo Trijoko (kedua dari kanan) saat melakukan roadshow di Semarang. (Bisnis-Alif Nazzala Rizqi)

Solopos.com, SEMARANG — Perusahaan penyedia sistem teknologi even dan hiburan di Indonesia, Loket, terus mendorong pertumbuhan industri kreatif lokal di berbagai daerah, termasuk Kota Semarang, Jawa Tengah. Bagaimana caranya?

Loket menggandeng berbagai komunitas dan individu di Kota Semarang. Platform Loket.com disiapkan untuk dimanfaatkan komunitas setempat untuk menjadi local event creator yang mampu mendukung industri kreatif masing-masing. 

Data yang dikantongi Loket menunjukkan bahwa sejak Loket.com diluncurkan pada pertengahan tahun 2018 Ialu, pertumbuhan event di Semarang yang bekerja sama dengan Loket menunjukkan kenaikan signifikan hingga 400%.  Kategori event terbanyak adalah workshop yang mencapai hampir 40% bagian, konferensi Iebih dari 17%, dan festival umum hampir 11%. 

VP Consumer Solutions Loket, Rama Adrian, mengungkapkan data tersebut memperlihatkan bahwa Kota Semarang merupakan salah satu kota dengan tingkat pertumbuhan event tertinggi di Indonesia. Diakuinya, tidak hanya semakin banyak individu dan komunitas kreatif baru yang tumbuh, tetapi pergelaran event tersebut juga secara langsung turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Semarang. 

"Semakin banyak event-event kreatif yang digelar juga mendorong peningkatan jumlah wisatawan dan pengunjung ke ibu kota provinsi Jawa Tengah ini," ujarnya, Senin (18/3/2019).

Disebutkannya, penyelenggaraan event merupakan salah satu pilar dalam industri kreatif yang memiliki potensi sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Kemajuan teknologi informasi, terangnya, menyebabkan semakin banyak warga bergantung pada pilar-pilar kreatif ini.  "Guna mendorong pertumbuhan ini, Loket sebagai perusahaan teknologi terus melakukan inovasi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para event creator dan audien,” jelasnya. 

Sementara itu, Marketing Manager Loket.com, Jojo Trijoko, menambahkan layanan Loket.com memiliki berbagai keunggulan, yakni hadir melalui platform website dengan mengusung konsep self-service. Konsep self-service yang diterapkan pada platform Loket.com merupakan konsep hasil inovasi Loket yang ditujukan untuk membantu para event creator dalam mengelola event mereka secara mandiri. 

“Konsep ini kami pilih atas pertimbangan karakter target market kami dari kalangan event creator dari individu dan komunitas, khususnya kalangan miIenial kreatif yang memiliki tingkat adaptasi tinggi terhadap teknologi dan memiliki keterbatasan waktu untuk mengelola event mereka seperti promosi dan penjualan tiket,” ucapnya. 

Dilanjutkannya, fitur-fitur pada self-service dirancang untuk memberikan pengalaman management event mandiri yang terbaik. Seluruh proses, baik bagi pengelola maupun pengunjung dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online, bahkan analisis data akurat untuk mengoptimasi gelaran event berikutnya. 

“Selain itu, untuk pertama kalinya event-event pengguna bisa dipromosikan ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan aflliasi loket distribution partner (LDP), salah satunya Go-Tix  yang kini dikelola oleh Loket. Loket.com juga dilengkapi dengan fitur pembayaran yang terintegrasi oleh partner pembayaran dari bank nasional dan internasional termasuk sistem e-payment Go-Pay, di mana proses pembelian tiket hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit,” paparnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten