News
Selasa, 19 Maret 2024 - 15:55 WIB

Kejagung Periksa 52 Saksi Terkait Dugaan Korupsi Emas Crazy Rich Budi Said

Redaksi Solopos.com  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Profil Budi Said (menggunakan rompi) yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyalahgunaan kewenangan dalam penjualan emas logam mulia 1,1 ton.(Bisnis) 

Solopos.com, JAKARTA — Kejaksaan Agung (Kejagung) telah melakukan pemeriksaan terhadap 52 saksi dalam kasus dugaan korupsi transaksi emas ilegal di Butik Surabaya 01 PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM).

Kapuspenkum Kejagung RI, Ketut Sumedana mengatakan dari jumlah tersebut baru dua orang ditetapkan sebagai tersangka, yakni Budi Said dan eks General Manager PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam pada 2018, Abdul Hadi Aviciena.

Advertisement

“Meski telah ditetapkan dua orang tersangka namun tidak menutup kemungkinan bahwa perkara ini akan berkembang terus mengerah pada pihak-pihak yang menerima keuntungan dari perkara ini,” kata Ketut dalam keterangannya, Selasa (19/3/2024), dilansir Bisnis.com.

Kejagung telah memeriksa sejumlah saksi yang merupakan eks pejabat hingga pegawai PT Antam. Misalnya, selaku ICT Service Operation Manager PT Antam dan eks SPV Human Capital Management PT Antam pada 2019 berinisial MAA.

“Tim Penyidik saat ini sedang mendalami dan mengembangkan terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi penjualan emas logam mulia PT Antam,” pungkas Ketut.

Advertisement

Pada intinya, konglomerat di Surabaya itu meminta agar penetapan tersangka, penyitaan, hingga penggeledahan terhadapnya tidak sah.

Namun demikian, Hakim Tunggal PN Jaksel, Luciana Amping menyampaikan bahwa pihaknya mengabulkan eksepsi Kejagung agar menolak gugatan praperadilan yang dilayangkan Budi Said.

“Dalam eksepsi, mengabulkan eksepsi termohon tersebut dalam pokok perkara, menyatakan permohonan pemohon [Budi Said] tidak dapat diterima, membebankan pada pemohon membayar biaya perkara,” ujarnya dalam persidangan di PN jaksel, Senin (18/3/2024).

Advertisement

Menanggapi putusan tersebut, Kejagung menekankan bahwa pihaknya telah melalui proses formal baik proses penyidikan, penggeledahan dan penyitaan sebagaimana diatur dalam KUHAP dan UU Tipikor dalam menangani kasus tersebut.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Dugaan Korupsi Emas Ilegal Crazy Rich Budi Said, Kejagung Sudah Periksa 52 Saksi”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif