Jateng
Selasa, 19 Maret 2024 - 17:01 WIB

Benteng Van der Wijck Kebumen: Berbentuk Unik, Jadi Spot Favorit Syuting Film

Redaksi Solopos.com  /  Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bangunan Benteng Van Der Wijck di Kebumen. (http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/benteng-van-der-wijk-gombong/)

Solopos.com, SOLO – Benteng Van der Wijck yang terletak di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, memiliki bentuk bangunan yang unik. Tak ayal, beberapa film beken syuting di benteng tersebut.

Bangunan ini merupakan benteng peninggalan kolonial Belanda. Menariknya, benteng tersebut berbentuk segi delapan dan terbuat dari batu bata. Usia benteng diperkirakan mencapai ratusan tahun karena dibangun pada masa perang Pangeran Diponegoro (1825-1830). Diduga, benteng dibangun oleh aristek Islam karena bentuk segi delapan tersebut mirip dengan Masjidil Haram di Makkah.

Advertisement

Pada masa pendudukan Jepang, kompleks benteng difungsikan sebagai tempat pelatihan anggota Pembela Tanah Air (PETA), sebuah organisasi tentara Indonesia bentukan Jepang untuk menghadapi sekutu. Setelah Indonesia merdeka, kompleks benteng dimanfaatkan oleh TNI Angkatan Darat.

Dengan bentuk segi delapan, Benteng Van der Wick terdiri dari dua lantai dengan jumlah kamar lebih dari 31. Nama Van der Wijck sendiri diambil dari nama salah satu Gubernur Jenderal Hindia Belanda Carel Herman Aart Van der Wijck yang bertugas di Jawa tahun 1893-1899.

Benteng Van Der Wijck (Instagram/kiekebumen)

Advertisement

Berbagai aktivitas wisata bisa pengunjung lakukan di sini. Banyak peninggalan kolonial dan permainan di sekitar di sekitar wilayah benteng yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Selain itu ada juga wahana kereta api. Pengunjung akan merasakan sensasi naik kereta api di ketinggian dengan menyusuri bagian atas dari benteng.

Di salah satu wisata favorit Jawa Tengah ini, pengunjung juga bisa berenang di kawasan benteng. Di sini, terdapat dua kolam renang, yakni kolam renang anak dan dewasa. Kolam renang anaknya sudah dilengkapi dengan wahana seluncuran. Tempat ini juga dilengkapi dengan hotel wisata yang bisa disewa. Harganya juga sangat terjangkau.

Menariknya Benteng Van der Wijck ini ternyata dilirik oleh beberapa produser film. Dalam catatan Solopos.com, film The Raid 2 pernah syuting di benteng ini. Selain itu, ada juga Pocong: The Origin (2019), Bangsal Isolasi, TV Series Tim Bui, hingga The Secred Riana 2: Bloody Mary (2022).

Advertisement

Sebagai informasi, untuk masuk ke benteng, pengunjung hanya perlu membayar uang tiket sebesar Rp25.000. Buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif