Jateng
Selasa, 19 Maret 2024 - 13:45 WIB

Simak! Daftar 5 Kandidat yang Ramaikan Bursa Calon Wali Kota Salatiga

Redaksi Solopos.com  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kantor Wali Kota Salatiga di Jalan Sukowati No. 74 Kota Salatiga. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Pasca pemilihan legislatif (Pileg) 2024, aroma kandidat yang akan maju menempati posisi Salatiga 1 semakin mencuat ke publik. Meski dari beberapa calon tersebut belum ada yang mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon wali kota, namun sejumlah nama-nama muncul dan menjadi perbincangan di masyarakat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, setidaknya ada lima calon yang menjadi kandidat kuat maju sebagai bakal calon wali kota Salatiga periode 2024-2029. Calon-calon tersebut muncul dari berbagai latar belakang, baik kalangan politikus, maupun birokrat.

Advertisement

Berikut empat tokoh yang berpotensi maju sebagai calon Wali Kota Salatiga periode 2024-2029:

Sinoeng N Rachmadi

Sinoeng menjadi nama yang cukup sering digadang-gadang bakal maju sebagai calon Wali Kota Salatiga periode 2024-2029. Mantan penjabat Wali Kota Salatiga 2022-2023 ini cukup beralasan bakal maju sebagai calon Wali Kota Salatiga. Pasalnya sejak menjabat sebagai Pj Wali Kota Sinoeng kerap diisukan maju dalam kontestasi pilkada Salatiga. Namun saat itu dirinya mengaku belum ada niatan maju sebagai bakal calon Wali Kota.

Advertisement

“SK saya, perintah saya, tegak lurus sebagai Pj [penjabat wali kota] dan saya akan tuntaskan itu,” ungkap Sinoeng di sela mengikuti acara pelantikan PPS di Hotel Laras Asri Salatiga, Selasa (24/1/2023) lalu.

Meski begitu, melalui postingan Instagram pribadinya akhir-akhir ini Sinoeng yang saat ini menjadi staf ahli gubernur Jateng, beberapa kali membagikan kenangan saat menjabat sebagai Pj Wali Kota Salatiga. Terakhir ia memposting dirinya saat indah umrah di Tanah Suci bertemu dengan warga Salatiga.

“Bertemu dg mu adl takdir dan bukan rencana-ku..Ketemu #wongsolotigo, berasa di rumah sendiri,” kata Sinoeng dalam akun Instagram pribadinya @sinung_rachmadi, Senin (11/3/2024).

Muhammad Haris

Advertisement

Mantan Wakil Wali Kota Salatiga dua periode, Muh Haris juga menjadi kandidat yang digadang-gadang bakal maju dalam Pilkada Salatiga 2024. Meskipun pada satu kesempatan ia mengaku tidak akan maju sebagai calon Wali Kota, karena terpilih sebagai DPR RI. Namun nama Muh Haris sebagai mantan Wawali masih masuk dalam daftar potensial yang maju dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Bagi saya, amanah kepercayaan dari masyarakat adalah hal yang luar biasa. Oleh karena itu, saya akan menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Setelah terpilih dan dilantik, saya akan menjalankan kepercayaan itu dan memberikan yang terbaik serta melaksanakan tugas-tugas saya,” ungkap Haris, Minggu (10/3/2024).

Di lain sisi, kosongnya kader kuat dari PKS Kota Salatiga untuk maju sebagai Wali Kota menjadi alasan yang cukup masuk akal jika Muh Haris maju sebagai kandidat calon Wali Kota Salatiga.

Hartoko Budhiono

Advertisement

Politikus muda dari PDIP ini sudah sejak lama diisukan bakal maju dalam kontestasi Pilkada Salatiga 2024. Hartoko sendiri sempat menjadi manajer PSISa Salatiga, klub sepak lokal Salatiga yang bermain di liga 3 Jateng. Selain itu, pada Pileg DPRD Kota Salatiga 2024, Hartoko juga memiliki suara cukup banyak di Dapil Argomulyo dengan suara 1.855.

Modal pengalaman itu, nama Hartoko menjadi masuk dalam radar dalam tokoh yang bakal maju di Pilkada Salatiga. Terlebih saat ini PDIP juga belum memunculkan nama yang bakal diusung menjadi calon Wali Kota Salatiga.

Titik Kirnanungsih

Selanjutnya kandidat yang masuk daftar potensial sebagai calon wali kota Salatiga dari kalangan perempuan, yakni Titik Kirnaningsih. Ia menjadi satu-satunya perempuan yang digadang-gadang maju dalam Pilwalkot Salatiga 2024.

Advertisement

Titik merupakan istri Wali Kota Salatiga dua periode, Yuliyanto. Pengalaman suaminya yang memimpin Salatiga selama dua periode, membuat Titik berpotensi melanjutkan kepemimpinannya. Terlebih, postingan pribadinya juga menampakkan dirinya bakal maju sebagai calon Wali Kota Salatiga dari Partai Gerindra.

“Assalamualaikum Wr.Wb dengan bismillah mohon doa restu dan dukungannya warga sedulur Salatiga,” katanya dalam akun Instagram pribadinya @titik_kirnaningsih, Selasa (27/2/2024).

Luqman Hakim

Nama terakhir yang mencuat bakal maju sebagai calon Wali Kota Salatiga adalah Luqman Hakim, politikus senior dari partai PKB ini mulai serius menjajaki Salatiga 1. Hal itu terbukti dengan massifnya pemasangan baliho Luqman Hakim di beberapa ruas jalan di Kota Salatiga.

Selain itu, perolehan pileg PKB di DPRD Kota Salatiga yang mendapatkan 5 kursi, membuat PKB bisa mengusung kadernya sendiri untuk maju sebagai Wali Kota Salatiga.

Ketua DPC PKB Salatiga, Saiful Mashud membenarkan bahwa pengurus dan kader PKB Salatiga siap mengusung kadernya sendiri dalam bursa pemilihan kepala daerah November mendatang.

Advertisement

“Kita mengusung kader internal di Pilkada yaitu Mas Luqman Hakim,” kata Saiful, Kamis (14/3/2024).

Demikian daftar tokoh di Salatiga yang berpotensi maju sebagai calon wali kota pada Pilwalkot 2024. Hingga kini, belum ada satu pun tokoh yang mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon wali kota Salatiga pada Pilwalkot Salatiga yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif