Lokasi Kecelakaan Maut Sukoharjo Dikenal Area Black Spot, Apa Itu?

Lokasi kecelakaan maut dua sepeda motor di Nguter, Sukoharjo, dikenal area black spot. Apa itu black spot?

 Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Lokasi kecelakaan maut yang melibatkan dua sepeda motor di Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah, dikenal sebagai area black spot, apa itu?

Menurut Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Sukoharjo, Ipda Guntur Setiawan, mewakili Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Heldan Pramoda Wardhana, ruas jalan penghubung Sukoharjo dan Wonogiri, tepatnya di sekitar Songgorungi itu merupakan lokasi rawan kecelakaan atau lebih dikenal dengan black spot.

PromosiKembalinya Sentralisasi

Di lokasi tersebut, kerap terjadi kecelakaan maut yang menewaskan pengguna jalan. Sudah tak terhitung kasus kecelakaan yang terjadi di sepanjang jalan Sukoharjo-Wonogiri itu.

Menurut penjelasan dalam situs Zudhyirawan.staff.ugm.ac.id, black spot merupakan lokasi rawan kecelakaan yang memiliki kejadian kecelakaan secara berulang dalam ruang dan waktu relatif sama dan dengan penyebab yang sama juga.

Baca Juga:  Ternyata Lokasi Kecelakaan Maut 2 Motor di Sukoharjo Dikenal Black Spot

Dalam menentukan lokasi black spot, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan metode Angka Ekivalen Kecelakaan dan Batas Kontrol Atas.

Karena jadi lokasi black spot di Sukoharjo, pemerintah setempat telah memasang pita kejut di sisi utara dan selatan jalan guna meminimalisasi kecelakaan di lokasi tersebut. “Upaya yang paling efektif adalah memasang pita kejut di sisi utara dan selatan jalan. Pengguna jalan bakal mengurangi laju kecepatan kendaraan saat melewati pita kejut,” ujar dia kepada Solopos.com pada Jumat (14/5/2022).

Baca Juga:  Dibuka Lagi, CFD Solo Diperpanjang hingga Depan Balai Kota Solo

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan maut antar dua sepeda motor di Nguter, Sukoharjo itu, terjadi pada Jumat (13/5/2022) subuh. Kejadian bermula saat sepeda motor Honda Beat berpelat nomor AD 2047 KO yang dikendarai Makruf Sidik Wicaksono, warga asal Kecamatan Colomadu, Karanganyar, berjalan dari utara menuju selatan. Setiba di lokasi, Sidik mengendarai sepeda motor berpindah lajur ke jalur berlawanan.

Tiba-tiba muncul sepeda motor Honda Scoppy berpelat nomor AD 6292 AOB dari arah berlawanan dengan kecepatan tinggi. Motor itu dikendarai Danang Suryo, warga Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo. Tabrakan keras tak terhindarkan di lokasi kejadian. Kala itu, kondisi jalan cukup sepi karena masih waktu subuh.

Baca Juga: Tak Boleh di Jalanan, Kereta Kelinci Hanya Beroperasi di Objek Wisata

Dari kecelakaan maut tersebut, dua orang dinyatakan meninggal dunia setelah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Istilah Mobil Bodi Kaleng, Apa Maksudnya Bro?

Pasar otomotif Indonesia saat ini cukup memanjakan konsumen dengan beragam pilihan merek mobil dan jenis mobil.

Begini Efek Terendam Air Laut terhadap Motor Korban Banjir Rob

Efek terendam air laut terlalu lama, sejumlah sepeda motor korban banjir rob harus menjalani service berat.

Pebalap AHRT Optimis Raih Podium di ARRC Sepang

Lima pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) menatap optimis seri kedua Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022 di Sepang, Malaysia.

Trabas Hujan, Sepeda Motor Wajib Dicuci Ini Alasannya

Sepeda motor setelah menerabas hujan sebaiknya segera dicuci, selain agar tampilannya tetap bersih, juga mengindari dampak buruk.

All New Tracker RS, SUV Kecil dari Chevrolet

Chevrolet mengenalkan sport utility vehicle atau SUV berukuran kecil, All New Tracker RS khusus untuk pasar otomotif di China.

Jangan Salah Beli, Kenali Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir

Mobil bekas kena banjir, pada dasarnya walau sudah dibersihkan tidak bisa benar-benar bersih. Pasti masih ada sisa lumpur atau jamur.

Begini Cara Memperbaiki Motor Kena Banjir Rob, Biar Tidak Parah

Memperbaiki motor kena banjir rob adalah dengan menguras dan flushing oli dalam mesin yang sudah tercampur air, atau sebaiknya bawa ke bengkel motor.

Ini Bahayanya Jika Sepeda Motor Terkena Banjir Rob

Sepeda motor yang terendam banjir rob membuat karyawan tidak berani menghidupkan mesin. Karena bahaya jika motor kena banjir rob langsung dinyalakan.

Kenali Penyebab Nyala Lampu Mobil Anda Kurang Terang

Lampu mobil adalah salah satu komponen yang cukup penting saat berkendara, karena dengan lampu pengemudi bisa nyaman dan aman berkendara pada malam hari.

Sakura, Mobil Listrik Nissan Yang Dijual Seharga Rp200 Jutaan

Pasar mobil listrik semakin ramai dengan kehadiran Nissan Sakura, mobil bergaya kei car yang kompak mungil.

Motor Adventure dari Zero Motorcycles Meluncur di 2023

Produsen motor listrik asal Amerika Serikat (AS), Zero Motorcycles akan menghadirkan motor adventure.

Hino Kenalkan Line Up Euro4 kepada Konsumen Soloraya, Ini Kelebihannya

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama PT Mitra Pratama Mobilindo mengenalkan langsung truk Hino dengan standar mesin emisi Euro4.

Sudah Kantongi SIM, Ini Tips Aman Naik Motor untuk Pemula

Meski sudah mengantongi SIM, seorang pemula membutuhkan beberapa tips agar aman berkendara naik motor.

Ini Yang Dilakukan Setelah Motor Terendam Banjir

Akibat rob tanggul di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang jebol, Senin (23/5/2022) banyak sepeda motor yang terendam banjir.

Mau Cari Mobil Angsuran Rp1 Jutaan, Ini Rekomendasinya

Anda tetap bisa memiliki mobil bekas dengan angsuran ringan yakni Rp1 jutaan per bulannya.

Mobil Honda Ini Resmi Jadi Safety Car di Mandalika Track Day 2022

Sebagai safety car, All New Honda Civic RS mempunyai karakter sporty, mulai dari desain eksterior dan performa mesin yang responsif.