SOLOPOS.COM - Bus BST melintas di Jl Slamet Riyadi depan Loji Gandrung, Solo, Selasa (10/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo memastikan tidak ada perubahan lokasi atau jalur jalan yang ditutup untuk kegiatan car free day atau CFD pada pembukaan kembali, Minggu (15/5/2022). Warga yang ingin ke CFD lebih mudah dengan memakai layanan Batik Solo Trans (BST).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Prihatno, menjelaskan jalur CFD tetap di sepanjang Jl Slamet Riyadi mulai simpang empat Purwosari sampai Bundaran Gladag.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Persimpangan [penyeberangan] di simpang empat Gendengan sama Ngapeman,” kata Hari saat dihubungi Solopos.com, Rabu (11/5/2022). Dia mengatakan dulu CFD sampai depan Stasiun Purwosari.

Namun dengan adanya pembangunan flyover Purwosari, lokasi CFD digeser mulai dari simpang empat Purwosari Solo. Menurut Hari, kantong parkir kendaraan masih tetap sama seperti CFD sebelumnya.

Ada pengalihan rute BST pada Koridor I selama CFD berlangsung. “Mungkin Car Free Day banyak yang tertarik dengan transportasi umum yang lebih nyaman dan tidak perlu membawa mobil. Kemungkinan seperti itu. Layanan BST diluncurkan kan CFD masih ditutup,” jelasnya.

Baca Juga: CFD Solo Dibuka Lagi, Gibran Pastikan Semua PKL Bakal Dapat Tempat

Hari mengatakan pembukaan kembali CFD menjadi momen baik untuk melihat respons masyarakat dalam menggunakan layanan BST. Petugas Dishub bakal terjun ke lapangan bersama petugas Satpol PP Solo dan Dinas Perdagangan Solo.

Seperti diberitakan, Pemkot Solo akhirnya membuka kembali ajang CFD dengan lokasi Jl Slamet Riyadi setelah sekitar dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19. Namun ada yang berbeda pada CFD kali ini.

Pemkot berencana membuat zonasi khususnya untuk penempatan para pedagang kaki lima (PKL) agar sepanjang Jl Slamet Riyadi clear dari aktivitas perdagangan. PKL yang selama ini menempati jalur lambat dan citywalk akan dicarikan tempat di halaman-halaman kantor pemerintah sepanjang jalan tersebut.

Baca Juga: CFD Solo Dibuka Lagi 15 Mei, Pemkot Solo: Slamet Riyadi Clear dari PKL

Namun, hal itu masih dimatangkan oleh Pemkot. Yang jelas, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan semua PKL yang selama ini berjualan di CFD akan mendapat tempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya