Menkominfo Johnny G Plate di Jakarta, Senin (28/10/2019). (Suara.com/Tivan Rahmat)

Solopos.com, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Infromatika (Menkominfo) Johnny Plate mengaku belum mengetahui jika layanan internet Telkomsel dan Indihome mengalami masalah pada Selasa (5/11/2019). Padahal, gangguan itu terjadi sejak pagi hari dan ramai diperbincangkan di media sosial.

Diberitakan sebelumnya oleh Solopos.com, layanan internet Telkomsel dan Indihome terganggu sejak Selasa pagi. Para pengguna layanan dua provider telekomunikasi itu mengeluh dan Telkomsel sempat merajai daftar trending topic Twitter Indonesia.

“Ya saya belum tahu. Pagi-pagi saya sudah suruh undang-undang, tadi sudah seminar dengan Uni Eropa, sekrang ini saya belum tahu,” kata Plate membeberkan kegiatannya saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/11/2019), dilansir Suara.com.

Jadi Trending Topic Gara-Gara Lemot, Telkomsel Beri Penjelasan

Kendati begitu, Plate menilai gangguan akses internet tersebut bisa saja disebabkan oleh dua hal. Pertama karena infrastruktur yang terganggu atau disebabkan oleh interferensi frekuensi. Apapun penyebabnya, Plate berharap gangguan tersebut bisa diatasi agar akses internet kembali pulih.

“Kalau itu ada interferensi frekuensi, penataan frekuensi, manajemen frekuensi harus diatur dengan baik. Kalau itu terkait dengan ada beberapa infrastruktur yang terganggu tentu kita minta operator selularnya segera untuk ke up lagi untuk itu bisa berfungsi dengan baik kembali,” kata Johnny.

Sebelumnya, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menyampaikan bahwa telah terjadi gangguan akses internet international Telkom Group. Gangguan tersebut berdampak pada penurunan kualitas layanan internet yang diberikan oleh Telkomsel kepada para pelanggan sehingga pelanggan merasakan perlambatan jaringan saat menggunakan internet.

Heboh! Isi Diary Santriwati Ungkap Hubungan Intim dengan Kepala Madrasah

GM External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim mengatakan adapun untuk layanan pesan suara dan SMS tetap berjalan normal. Aldi menyatakan Telkomsel terus berusaha memulihkan jaringan secepatnya. Perlahan kondisi jaringan berangsur pulih.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” kata Aldin dalam siaran pers yang diterima Bisnis/JIBI, Selasa (5/11/2019).

Jokowi Tak Terbitkan Perppu KPK, Mahfud MD: Masa Menteri Menentang

Sekadar catatan, hingga September 2019 jumlah pelanggan Telkomsel sebanyak 170,9 juta. Sebesar 65,6% dari total pelanggan sejumlah 112,1 juta merupakan pelanggan yang aktif menggunakan Internet. Adapun, lalu lintas data pun Telkomsel pada kuartal III/2109 sebesar 4.673 petabyte.

Sumber: Suara.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten