Tutup Iklan

Logo Sepatu Air Max Dianggap Hina Islam, Nike Angkat Bicara

Salah satu sepatu produksi Nike, Air Max 270, dianggap menghina umat Islam karena logonya berbentuk mirip lafaz Allah dalam huruf hijaiah. Atas hal itu, perusahaan raksasa di bidang alas kaki itu angkat bicara.

Logo Sepatu Air Max Dianggap Hina Islam, Nike Angkat Bicara

SOLOPOS.COM - Logo Air Max di sepatu Nike Air Max 270 yang dianggap mirip dengan lafaz Allah dalam huruf hijaiah. (Hypebeast.com)

Solopos.com, SOLO —Beredarnya sepatu Nike Air Max 270 memicu kontroversi dan sebagian orang menganggap logo sepatu tersebut telah menghina umat Islam dan simbol Islam. Logo Air Max pada sol bagian bawah sepatu, jika dibalik, dianggap mirip lafaz Allah dalam huruf hijaiah.

Tak pelak hal itu memunculkan petisi di laman Change.org yang menuntut Nike segera menarik sepatu tersebut dari pasar. Petisi tersebut dimulai seseorang bernama Saiqa Noreen, warga negara Inggris.

Dalam petisi itu, Noreen menjelaskan simbol Air Max yang dianggap mirip lafaz Allah itu dengan sengaja diletakkan pada bagian bawah sol sepatu agar diinjak-injak dan terkena kotoran. "Nike yang memalukan dan mengerikan telah mengizinkan nama Tuhan ditaruh di sepatu. Ini tidak sopan dan sangat menyinggung umat Islam dan menghina Islam," tulisnya.

Atas protes itu, perusahaan raksasa di bidang alas kaki tersebut angkat bicara. Manajemen Nike menegaskan selalu menghormati semua agama dan tak bermaksud menyinggung agama apa pun melalui logo pada sepatu Nike Air Max 270.

"Nike menghormati semua agama dan kami memperhatikan hal ini dengan serius. Logo Air Max dirancang untuk menjadi representasi bergaya dari merek dagang Air Max Nike. Ini dimaksudkan untuk mencerminkan merek Air Max saja. Makna atau representasi yang dipersepsikan lainnya tidak disengaja," begitu pernyataan tertulis manajemen Nike seperti dikutip Hype Beast, Senin (28/1/2019).

Meski beegitu, petisi untuk Nike agar menarik produk yang dianggap menghina umat Islam itu terus bergulir. Huffington Post melaporkan petisi di laman Change.org itu telah ditandatangani lebih dari 15.000 orang hingga Rabu (30/1/2019).

"Kami mendesak Nike segera menarik sepatu yang menghina dan ofensif ini dan semua produk dengan logo desain yang menyerupai lafaz Allah dari pasar di seluruh dunia," kata Noreen.

Noreen sebagai orang yang memulai petisi tersebut menegaskan Nike bukan kali ini saja memicu kontroversi seperti itu. Menurut Noreen, Nike pernah menarik sepatu yang menampilkan logo serupa pada 1997 dan mengatakan telah memperketat pengawasan desain-logo. Saat itu, lanjut Noreen, Nike meminta maaf dan menyumbang uang senilai US$50.000 untuk taman bermain di sekolah Islam di AS.

Berita Terkait

Berita Terkini

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.

Zodiak Ini Kata Astrologi Pandai Bergaul

Beberapa zodiak cenderung pemalu dan tertutup, sementara zodiak lainnya pandai bergaul sehingga sangat menarik perhatian.

Persib Bandung 1-1 PS Tira Persikabo: Robert Petik Hal Positif

Persib memimpin lewat gol Febri Hariyadi pada menit ke-40 namun disamakan oleh gol balasan Ciro Alves pada menit ke-56.

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 80 Orang, 6 Meninggal Dunia

Penambahan kasus baru Covid-19 terbanyak di Kabupaten Klaten berasal dari Kecamatan Manisrenggo, yakni mencapai 17 orang.