SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Logistik pilkada berupa surat suara di Magelang sudah mulai disortir KPU setempat.

Kanalsemarang.com, MAGELANG-Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang, Jawa Tengah mulai menyortir dan melipat surat suara untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang 9 Desember 2015.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Komisioner KPU Kota Magelang, Divisi Perencanaan Program dan Badan Penyelanggara, Nuke Ardinia di Magelang, Rabu mengatakan sebanyak 91.435 surat suara mulai Selasa (3/11/2015) dilakukan penyortiran dan pelipatan.

Waktu yang dibutuhkan untuk itu selama lima hari, katanya.

“Hingga sekarang belum ditemukan adanya kerusakan surat suara, hanya ditemukan surat suara yang tidak bersih cetakannya, terdapat garis-garis,” katanya.

Menurut dia sejumlah surat suara tersebut penghitungannya berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 89.112 dan ditambah 2,5 persen dari masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

“Guna mengantisipasi adanya kehilangan surat suara, setiap pekerja selesai melakukan pelipatan surat suara, kami menggeledahnya. Selain pekerja, kami melibatkan dari teman-teman sekretariat untuk melakukan pengawasan dan pengawasan dari komisioner KPU,” katanya.

Ia menuturkan sebanyak 91.435 lembar surat suara tersebut diterima KPU Kota Magelang, pada Jumat (30/10/2015).

Surat suara tersebut dicetak di percetakan Kudus dan dikirim menuju Magelang dengan pengawalan dari petugas kepolisian. Kemudian, dilakukan penyimpanan dengan penjagaan dari kepolisian.

Pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang 9 Desember 2015 diikuti tiga pasangan calon (paslon), yakni nomor satu, pasangan Sigit Widyonindinto-Windarti Agustina (Si Winner) diusung PDI Perjuangan dan Partai Gerindra. Kemudian paslon nomor urut dua, Moch Haryanto-Agus Susatyo (Harus) diusung Partai Demokrat, Golkar dan PKB dan pasangan nomor urut tiga, Joko Prasetyo-Priyo Waspodo (Segoro Joyo) melalui jalur perseorangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya