SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO –Penyimpanan logistik pemilu mulai dari surat suara dan kotak suara dipusatkan di Gedung Budi Sasono. Aparat kepolisian bakal melakukan penjagaan selama 24 jam untuk menjamin logistik pemilu dalam kondisi aman.

Komisioner KPU Sukoharjo beserta aparat kepolisian mengunjungi Gedung Budi Sasono yang menjadi lokasi penyimpanan logistik terpadu, Kamis (7/2/2019). Logistik pemilu disimpan di Lantai I dan II. Penyortiran surat suara dilakukan di Lantai I sementara pengesetan kotak suara dilakukan di Lantai II.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Nuril Huda, mengatakan memindahkan kotak suara yang disimpan di gudang penyimpanan logistik di Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo ke Gedung Budi Sasono. Kotak suara itu disimpan di bagian belakang gedung. “Petugas bakal melakukan perakitan  kotak suara di Lantai II. Kami ingin mengecek kondisi kotak suara yang disimpan di gudang logistik selama hampir sebulan,” kata dia, saat berbincang dengan wartawan di Gedung Budi Sasono, Kamis.

Perakitan  kotak suara dilakukan selama sebulan hingga pertengahan Februari. Jumlah petugas yang dilibatkan saat pengesetan kotak suara sekitar 30 orang. Sebelumnya, petugas telah memasang alas kayu di lokasi perakitan kotak suara.

Sementara proses penyortiran surat suara baik Pileg maupun Pilpres bakal dilakukan di lantai I. “Kami masih menunggu surat suara yang dikirim dari percetakan. Pengalaman dari daerah lain, biasanya pihak percetakan bakal terlebih dahulu menghubungi KPU sebelum mengirim surat suara,” ujar Nuril.

Pengiriman surat suara Pileg dan Pipres dipastikan tidak bersamaan. Nuril menyampaikan surat suara yang diterima KPU Kota Solo baru Pilpres. Sementara surat suara Pileg belum dikirim perusahaan percetakan.

Nuril menambahkan gudang penyimpanan logistik pemilu bakal dijaga aparat kepolisian selama 24 jam. “Pihak kepolisian sudah ready menjaga gudang penyimpanan logistik selama 24 jam. Kondisi Gedung Budi Sasono lebih luas dan memadai untuk menyimpan logistik pemilu,” papar dia.

Sementara itu, Komisioner Divisi Penyelesaikan Sengketa Bawaslu Sukoharjo, Eko Budiyanto, menyampaikan bakal berkoordinasi dengan KPU Sukoharjo untuk memastikan ketersediaan logistik pemilu. Eko bakal mengawasi pola pendistribusian logistik pemilu hingga tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya