SOLOPOS.COM - Bupati Batang, Wihaji, saat meninjau proyek Islamic Center Batang. (Suara.com)

Solopos.com, BATANG — Bupati Batang, Wihaji, terlihat marah saat melihat proyek pembangunan gedung Islamic Center Batang di Desa Banyuputih, Kecamatan Banyuputih, Rabu (27/10/2021).

Penyebabnya, tak lain karena proyek senilai Rp11,9 miliar itu pengerjaannya molor. Waktu pengerjaan Islamic Center Batang yang ditarget selesai dalam 135 hari itu molor hingga 7%, dari target 37% yang dicanangkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia pun memberikan peringatan kepada pelaksana proyek Islamic Center Batang yang dinilai lambat. “Ini proyek layanan publik Pemkab Batang dan digadang-gadang umat muslim. Maka saya perintahkan Dinas PU [Pekerjaan Umum] selaku PPK [pejabat pembuat komitmen] dan pengawas proyek benar-benar mengontrol. Saya sudah wanti-wanti jangan sampai ada masalah,” tegas Wihaji, dikutip dari Suara.com, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Dia menegaskan keterlambatan itu harus segera dikerjakan kontraktor. Pihaknya juga meminta kontraktor tidak meninggalkan permasalah di kemudian hari.

“Saya akan marah kalau tidak segera dikejar progres presentasinya. Karena ini ditunggu masyarakat Batang dan sekitarnya untuk kegiatan manasik haji dan lainya,” kata Wihaji.

Ia pun meminta tahap pertama selesai tepat waktu dan harus sudah bisa digunakan kegiatan manasik haji seperti perjanjian dalam kontrak kerjanya.

“Harapan saya tolong dijaga dan diawasi pembangunanya. Saya minta juga setiap hari ditongkrongi PPK dan pengawasnya, karena ini sudah masuk musim hujan. Maka harus segera dikebut bagaimana caranya. Kalau nanti terlambat lagi dan bermasalah saya amuk pelaksana proyeknya,” tuturnya.

Baca juga: Bupati Batang Dilaporkan ke Komnas HAM, Karena Persoalan Ini

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang, Nur Seto, mengaku keterlambatan pengerjaan proyek itu harus segera dikerjakan.

“Jadi nanti komulatif hingga akhir Desember tahap pertama ptoyek Islamic Center harus sudah selesai,” katanya.

Ia pun menyebut ada beberapa kendala yang berakibat tidak sesuai progres salah satunya karena cauca hujan dan suplay material yang mengalami keterlambatan.

Sekadar informasi, proyek Islamic Center Batang tahap pertama ditargetkan selesai pada Desember 2021. Setelah itu dilanjutkan tahap kedua pada 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya