SOLOPOS.COM - Pemain Liverpool Henderson berselebrasi seusai gol keduanya ke gawang Swansea. JIBI/Reuters/Darren

Solopos.com, LIVERPOOL — Liverpool harus bertarung sengit dalam menghadapi tamunya Swansea City di pekan ke-27 Liga Primer Inggris. The Reds akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 4-3.

Pertandingan di Anfield, Minggu (23/2/2014), menghasilkan lima gol pada babak pertama. Tiga gol Liverpool diciptakan Daniel Sturridge dan Jordan Henderson. Swansea bikin dua gol lewat Jonjo Shelvey dan Wilfried Bony.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Swansea sempat menyamakan kedudukan menjadi 3-3 pada awal babak kedua melalui penalti Bony. Tapi, gol kedua Henderson akhirnya memastikan tim tuan rumah meraup poin penuh.

Dengan hasil ini, Liverpool tetap menempati urutan keempat klasemen sementara dengan koleksi 56 poin, terpaut empat poin dari Chelsea yang berada di puncak. Swansea duduk di peringkat ke-12 dengan 28 poin.

Seperti dilansir detiksport, ketika pertandingan baru memasuki menit ketiga Liverpool sudah membuka skor. Dalam sebuah serangan balik, Raheem Sterling yang menguasai bola di belakang garis tengah melepaskan umpan terobosan cantik. Sturridge berhasil menjangkau bola lebih dulu daripada kiper Swansea, Michel Vorm. Tinggal menghadapi gawang kosong, Sturridge tak kesulitan untuk memasukkan bola ke dalamnya.

Pada menit kelima, Sterling membahayakan gawang Swansea. Tembakannya dari luar kotak penalti susah payah ditepis Vorm.

Ancaman pertama Swansea untuk Liverpool datang pada menit kedelapan. Tapi, tembakan voli Bony masih melambung.

Anfield bergemuruh lagi ketika pertandingan berusia 20 menit. Henderson menjebol gawang Swansea untuk membawa Liverpool unggul 2-0. Gol kedua Liverpool ini diawali aksi Sturridge di sisi kiri pertahanan Swansea. Dia menggiring bola ke tengah dan kemudian mengoperkannya kepada Henderson. Dengan tenang, Henderson melepaskan tembakan terukur yang membuat Vorm mati kutu.

Tapi, Swansea bisa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-23. Shelvey yang merupakan bekas pemain Liverpool menaklukkan Simon Mignolet melalui tembakan keras ke arah pojok atas gawang.

Skor lagi-lagi berubah pada menit ke-27 setelah Swansea bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Tendangan bebas Jonathan De Guzman disundul Bony. Bola mengenai badan Martin Skrtel dan kemudian masuk ke gawang Liverpool.

Liverpool kembali memimpin pada menit ke-36. Luis Suarez yang menguasai bola di sisi kiri kotak penalti melepaskan umpan lambung ke mulut gawang. Di sana ada Sturridge yang tak terkawal dan dengan mudah menanduk si kulit bundar ke dalam gawang.

Beberapa saat kemudian, Suarez menjajal peruntungannya. Melihat Vorm berdiri terlalu jauh dari gawang, dia menembak dari tengah lapangan. Sial buat dia, tembakannya masih sedikit melenceng.

Usaha Bony pada menit ke-43 tak membuahkan hasil. Sepakan keras mendatar yang dia lepaskan bisa ditepis oleh Mignolet.

Dua menit setelah restart, Swansea mendapatkan hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah melihat Bony dilanggar oleh Skrtel di mulut gawang.

Bony sendiri yang maju sebagai algojo. Arah tembakannya bisa dibaca oleh Mignolet, tapi bola melaju lebih cepat dan tetap menggetarkan gawang Liverpool. Liverpool 3, Swansea 3.

Pada menit ke-49, Suarez punya peluang emas saat berhadapan satu lawan satu dengan Vorm. Tapi, tembakannya tak mengarah ke sasaran.

Tim tamu nyaris berbalik memimpin pada menit ke-55. Memanfaatkan sebuah tendangan bebas, De Guzman mencoba menjebol gawang Liverpool. Tapi, sepakannya masih melenceng tipis.

Pergerakan Suarez pada menit ke-67 dihentikan oleh Jose Canas di kotak penalti. Meski Suarez terjatuh, wasit tak memberikan hadiah penalti untuk Liverpool.

Suarez selanjutnya punya kesempatan pada menit ke-70. Dia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi arahnya masih melebar.

Liverpool akhirnya unggul lagi empat menit kemudian melalui gol kedua Henderson. Diawali tembakan Suarez yang dibendung Ashley Williams, Henderson menyambar bola liar. Pada percobaan pertama, tembakannya bisa dihentikan Vorm. Namun, usaha keduanya membuat gawang Swansea jebol. (JIBI/Solopos)

Susunan Pemain
LIVERPOOL: Mignolet, Johnson, Flanagan, Skrtel, Agger (Toure 63′), Gerrard, Henderson, Sterling (Allen 58′), Coutinho, Suarez, Sturridge (Moses 79′)

SWANSEA: Vorm, Rangel, Chico Flores, Williams, Taylor, Britton, de Guzman (Hernandez 73′), Shelvey (Jose Canas 46′), Dyer (Ngog 78′), Routledge, Bony

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya