SOLOPOS.COM - Wasit Liga Premier Inggris, Anthony Taylor (The Sun)

Liverpool vs MU diwasiti oleh pengadil asal Manchester.

Solopos.com, LIVERPOOL — Keputusan FA menunjuk wasit Anthony Taylor untuk memimpin laga Liverpool melawan Manchester United (MU) di Stadion Anfield, Selasa (18/10/2016) dini hari WIB, menuai kecaman. Wasit berkepala plontos ini diragukan independensinya lantaran dia seorang Mancunian, warga asli Manchester. Taylor berasal dari Altrincham yang masih berada di wilayah Greater Manchester, berjarak hanya sekitar enam mil dari Old Trafford.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mantan Ketua Professional Game Match Officials Ltd, Keith Hackett, menilai penunjukan Taylor untuk memimpin North-West Derby adalah sebuah kesalahan. Bukan karena kapasitas sang pengadil, Hackett menilai Taylor riskan mengambil keputusan kontroversial dalam pertandingan nanti. Fans Liverpool pun khawatir pemilihan Taylor bisa merugikan Jordan Henderson dkk.

“Tak ada yang meragukan integritas dan kemampuan Anthony dalam memimpin pertandingan. Selama ini Anthony telah menunjukkan performa terbaik. Namun bagaimana jika ada kesalahan yang dia lakukan nanti?,” ujarnya seperti dilansir Telegraph.co.uk.

Hackett menyebut FA harus mau disalahkan jika ada insiden yang memengaruhi pertandingan. Mantan bos Liverpool, Brendan Rodgers, pernah memiliki pengalaman buruk saat laga timnya dipimpin wasit dari Greater Manchester. Saat itu Liverpool takluk 1-2 dari Manchester City dengan sejumlah keputusan kontroversial dari Lee Mason, wasit asal Bolton, sebuah kawasan di Greater Manchester. Pelatih yang saat ini menangani Glasgow Celtic ini pun didenda 8.000 pounds karena mempertanyakan keputusan wasit.

Tak hanya fans Liverpool, tim tamu pun gerah dengan penunjukan Taylor. Pelatih MU, Jose Mourinho, menilai ada yang berusaha memberikan tekanan bagi Taylor agar sang pengadil tidak bekerja dengan optimal. Tekanan itu salah satunya berasal dari kubu The Reds. “Saya kira Taylor wasit yang sangat bagus. Namun saya rasa ada pihak yang sengaja memberi tekanan padanya. Itu bisa membuatnya sulit memimpin pertandingan dengan baik,” ujarnya seperti dilansir Skysports.com, Minggu (16/10/2016).

FA mengklaim telah mengeluarkan keputusan yang tepat dengan penunjukan Taylor. Meski Taylor berasal dari Greater Manchester, FA menyebut Taylor adalah seorang fans Altrincham sehingga penunjukannya untuk memimpin laga di Anfield bukan suatu masalah. Sementara itu mantan wasit Liga Premier, Graham Poll, mengatakan Taylor adalah salah satu wasit pilihan dan paling senior di Inggris. Dia yakin Taylor dapat bekerja dengan baik.

Taylor musim ini telah memimpin tujuh pertandingan Liga Premier dengan rasio 3,29 kartu kuning per pertandingan. Taylor belum pernah mencabut kartu merah. Dirinya pernah satu kali memimpin laga MU saat tim itu mengalahkan Southampton 2-0 pada Agustus 2016. Pada laga di Anfield, Taylor akan dibantu Simon Benner dan Stephen Child sebagai asisten. Sementara Martin Atkinson berada sebagai ofisial keempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya