Live Shopping Tingkatkan Kunjungan Toko Online 200 Kali Lipat Lebih

Strategi live shopping yang diadopsi oleh para e-commerce, diklaim mampu tingkatkan kunjungan toko para mitra.

 Ilustrasi online shop (Dok/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi online shop (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Strategi live shopping yang diadopsi oleh para e-commerce, diklaim mampu tingkatkan kunjungan toko para mitra.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menyebut kanal video streaming Tokopedia Play memungkinkan masyarakat merasakan pengalaman live shopping yang menghibur dan relevan dengan kebutuhan.

PromosiDagelan Mataram ala Srimulat: Lelucon, Satire, dan Pelajaran

“Inisiatif ini merupakan upaya kami untuk terus relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat, salah satunya gen Z dan millenials,” ujarnya, Senin (24/1/2022) seperti dilansir Bisnis.com.

Baca Juga: Pelaku UKM Keluhkan Barang Impor Murah Marak Beredar di Toko Online

Menurutnya, keberadaan Tokopedia Play juga untuk merespon era social commerce. Masyarakat cenderung lebih tertarik belanja dengan menyaksikan penjelasan melalui video.

“Kami juga percaya bahwa sinergi pemanfaatan media sosial dan e-commerce dapat membantu pegiat usaha bertahan di era digital, bahkan di tengah pandemi,” ujarnya.

Tokopedia Play, menurut Ekhel, juga memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran para pegiat usaha di Tokopedia, termasuk UMKM lokal. Dengan itu mereka dapat berkolaborasi dengan kreator konten untuk melakukan pemasaran yang lebih interaktif dan menarik lebih banyak pembeli.

Menurut catatan Tokopedia, kegiatan live streaming lewat Tokopedia Play juga terbukti dapat meningkatkan kunjungan toko hingga 262 kali lipat. Bahkan frekuensi kunjungan ke halaman produk penjual bisa melonjak hingga 625 kali lipat.

Baca Juga: Toko Online Vanessa Angel Tetap Beroperasi, Keuntungannya untuk Gala

Dalam laporan yang berjudul 10 Zillennial Megashift 2022 disebutkan, pada riset Salesforce 2020, Gen Z memiliki presentase lebih rendah dibanding milenial terkait kepercayaan mereka terhadap perusahaan. Hanya 53 persen dari Gen Z yang juga melihat persona brand sebagai sesuatu yang autentik – lebih kecil dibanding milennial sebanyak 61 persen.

Laporan tersebut mengatakan, konsumen muda lebih menyukai pendekatan produk yang lebih realistis dan otentik. Hal ini yang kemudian menyebabkan adanya transisi kepercayaan dari brands dan mega influencers kepada micro influencers.

Dikatakan juga, micro Influencers adalah mereka yang berperan dalam memasarkan produk kepada Gen Z dengan cara yang lebih realistis. Biasanya mereka mengulas berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk tersebut, salah satunya melalui live shoping.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

2021, Indonesia Re Masih Rugi Rp517,86 Miliar

Pendapatan premi bruto PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) mencapai Rp5,12 triliun atau turun tipis sebesar 1,16% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp5,18 triliun.

Oscar Living (OLIV) Listing di BEI, Saham Naik di Awal Perdagangan

Terlaksananya IPO ini, OLIV berharap untuk terus menjadi pemimpin pasar pedagang furniture khususnya secara online serta mengambil bagian dalam industri ekonomi digital dan kreatif nasional.

Duh, Bank Bukopin (BBK) Merugi 688 Persen, Ini Penyebabnya

Kookmin Bank dari Korea Selatan sebagai pengendali KB Bukopin mengalami pembengkakan kerugian dari Rp167,1 miliar menjadi Rp1,32 triliun per kuartal I/2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Kurs Rupiah ke Dolar AS Menguat, Begini Harga di BRI dan BCA

Kurs mata uang terhadap dolar AS bervariasi pada Selasa (17/5/2022).

Harga Emas Berpotensi Menguat, Ini Penyebabnya

Harga emas diperkirakan menguat pada Selasa 17 Mei 2022 sebagai imbas dari koreksi imbal hasil surat berharga pemerintah AS.

Siap Gelar Demo Besar-Besaran, Ini Lima Tuntunan Petani Sawit

Para petani bakal menggelar aksi demontrasi terkait larangan ekspor minyak goreng dan CPO di Istana Negara, Jakarta pada Selasa (17/5/2022) ini.

Kartu Prakerja Gelombang 29 Dibuka, Cek Syarat dan Ketentuannya

Sejak Minggu (15/5/2022), pendaftaran program kartu prakerja dibuka.

Arab Saudi Naikkan Kapasitas Produksi Minyak 13 Juta Barel pada 2027

Arab Saudi meningkatkan produksi minyak hingga 13 juta bph pada 2027.

Sri Lanka Lego Maskapai Nasional, Ada Apa?

Pemerintah Sri Lanka akan melego maskapai pelat merah Srilankan Airlines sebagai imbas Sri Lanka gagal bayar utang.

Digugat Rp322 Miliar Terkait Tabungan Emas, PT Pegadaian Tak Gentar

Terkait dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas, PT Pegadaian menyatakan siap mengikuti proses hukum.

Menkop: Koperasi Bisa Produksi Minyak Goreng Sendiri, Ini Tujuannya

Produksi minyak goreng yang dilakukan oleh koperasi standar harus dikecualikan dan tidak harus berwarna putih atau bening.

Masih Stagnan! Simak Harga Emas 24 Karat Pegadaian, Selasa 17 Mei 2022

Pergerakan harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Selasa (17/5/2022) hari ini terpantau stagnan baik untuk cetakan Antam maupun UBS.

Sempat Anjlok 5 Sesi Pekan Lalu, Cek Prediksi Pergerakan IHSG Hari Ini

Pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi akan menguat pada perdagangan awal besok, Selasa (17/5/2022).

Sentuh Miliaran per Bulan, Intip Gaji Direksi 10 Bank Terbesar di RI

Berdasarkan tabulasi yang dilakukan Bisnis pada Senin (16/5/2022), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menjadi jawara bank dengan aset terbesar di Tanah Air.

Kartu Prakerja Gelombang 29 Dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Kartu Prakerja gelombang 29 telah dibuka pada Minggu (15/5/2022). Pengumuman itu dirilis sehari setelah daftar peserta gelombang 28 diputuskan.

Kudus Festival di Jakarta Angkat Produk Unggulan UMKM Kota Kretek

Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) bakal menghelat acara Kudus Festival. Even tersebut direncanakan berlangsung pada 21 dan 22 Mei 2022 mendatang.