Listrik RSUD Bung Karno Solo Dijamin Tak Oglangan, Ini Sebabnya
Peresmian RSUD Bung Karno di Pasarkliwon, Solo, Sabtu (17/8/2019). (Solopos-Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno Solo menjadi pelanggan premium PT PLN (Persero).

Lewat layanan itu rumah sakit yang berlokasi di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, tersebut berhak mendapatkan suplai listrik tak putus alias tanpa pernah padam.

Manajer PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solo, Ari Prasetyo Nugroho, mengatakan suplai listrik ke RSUD Bung Karno berasal dari dua sumber berbeda.

Pendaftar PPS Pilkada Wonogiri 2020 Tak Penuhi Kuota, Karena Tesnya Sulit?

Yakni, bisa berasal dari dua gardu induk, bisa pula dari satu gardu induk tetapi berbeda trafo.

Ari menyampaikan instalasi listrik tersebut dilengkapi dengan peralatan change over suite yang bekerja otomatis. Alat berfungsi memindahkan sumber listrik, ketika suplai listrik dari sumber pertama padam.

"Sudah beroperasi sepekan lalu dan sampai saat ini berjalan lancar. Tidak ada kendala. Sistem perpindahan antardua sumber itu sekitar 0,5 detik. Semoga ke depan bisa dilanjutkan pada hotel, rumah makan, dan pelayanan publik lain sehingga masyarakat merasa semakin nyaman," kata dia, kepada wartawan di RSUD Bung Karno, Selasa (25/2/2020).

Gondangrejo Karanganyar Waspada Wabah Demam Berdarah

Sampai saat ini, sambung Ari, sudah ada delapan pelanggan premium di UP3 Solo. Selain RSUD Bung Karno, RS Ortopedi Soeharso dan RSUD Sragen sudah lebih dulu dan RS JIH Solo menyusul.

Pihaknya berharap makin banyak rumah sakit yang bekerja sama agar pelayanan medis masyarakat semakin optimal. Sebab, peralatan medis membutuhkan jaringan listrik yang stabil.

Di samping itu, pelanggan di kawasan atau fasilitas publik berdaya listrik besar mulai dari 53 kVA. Mereka bisa mengajukan tanpa syarat dan bisa disetujui setelah dilakukan survei teknis, meliputi jaringan dan instalasi.

Seberapa Fasih Mahasiswa UIN dalam Baca Tulis Alquran? Ini Hasil Penelitian Kemenag

"Setelah disetujui, paling 1-2 hari selesai karena kami hanya mengubah jaringan di luar. Pelanggan tak akan dikenai biaya. PT PLN yang membiayai sepenuhnya, tapi rumah atau hunian belum bisa, karena investasinya cukup besar. Saat ini yang sedang proses Stadion Manahan dan Auditorium UMS," kata Ari.

Direktur RSUD Bung Karno Solo, Wahyu Indianto, mengatakan jaminan suplai listrik yang stabil turut berperan pada keberhasilan tindakan medis pasien.

"Jaminan listrik dari PLN akan menghapus ketakutan tersebut, meski juga tersedia sumber listrik dari generator. Karena, satu detik saja terjadi padaman listrik, dapat berdampak kegagalan tindakan operasi,” ucapnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho