SOLOPOS.COM - Sekda Sragen Hargiyanto (kanan) diprotes pedagang yang juga warga Kios Renteng yang hendak pindak ke Pasar Sukowati Nglangon, Sragen, tetapi belum ada fasilitas listrik dan air, Sabtu (1/4/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Tiga warga Kios Renteng yang berjualan bakso dan tahu kupat mendatangi Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Hargiyanto, yang berkunjung ke kios mereka di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sragen, Sabtu (1/4/2023). Warga memprotes Sekda lantaran kios baru di Pasar Sukowati Sragen yanga akan mereka tempat ternyata belum ada jaringan listriknya.

Pedagang tahu kupat, Safitri, datang bersama rekannya yang pedagang bakso, Dewi, menemui Sekda saat meninjau pembongkaran bangunan Kios Renteng. “Saya itu sudah libur tidak berjualan 10 hari untuk menunggu bisa pindah ke kios Pasar Sukowati. Tetapi setelah dicek di kios Pasar Sukowati ternyata listriknya belum terpasang. Padahal kami sudah mendaftar untuk pasang jaringan listrik. Selama belum ada listriknya, kami tetap jualan di Kios Renteng,” ujar Safitri yang diamini Dewi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dewi juga menanyakan ketersediaan air bersih di Pasar Sukowati. Apakah mereka juga harus pasang sendiri jaringan air bersih.

Ekspedisi Mudik 2024

Sekda Hargiyanto langsung menanggapi dan menjanjikan listrik sudah terpasang dalam 1-2 hari ke depan. Sekda meminta Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Sragen, Cosmas Edwi Yunanto, untuk menghubungi Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Sragen, Azwar Dwiartanto, untuk memastikan jaringan listrik di Pasar Sukowati Sragen terpasang.

Hargiyanto menyampaikan relokasi pedagang ke Pasar Sukowati tidak perlu menunggu habis Lebaran. Menurutnya justru sekarang jadi momentum untuk pindahan dan saat menjelang Lebaran orang sudah banyak yang tahu lokasi jualannya di Pasar Sukowati.

Untuk pemasangan jaringan air, Hargiyanto meminta warga untuk pesan ke PDAM langsung karena sifatnya personal. “Pemasangannya bisa untuk bersama, misalnya satu jaringan untuk dua kios dan seterusnya. Untuk listrik 1-2 hari ini menyala. Yang tanggung jawab Kepala Diskumindag Sragen,” kata Sekda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya