SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kawasan Industri Kendal (KIK). (JIBI/Kabar24/Dok.)

Listrik mandiri yang khusus disediakan bagi Kawasan Industri Kendal didukung DPRD Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kalangan anggota DPRD Jawa Tengah mendukung rencana penyediaan listrik secara mandiri di Kawasan Industri Kendal (KIK). “Listrik menjadi kebutuhan utama dalam pengembangan kawasan industri, tanpa jaminan energi yang optimal investor akan berpikir ulang menanamkan investasinya,” kata Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah Alwin Basri di Semarang, Selasa (24/10/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mengungkapkan, pihaknya telah menerima surat dari Gubernur Jawa Tengah terkait dengan penetapan harga listrik di KIK yang saat ini masih dalam tahap pengkajian. “Harga listrik di kawasan industri memang ditentukan berdasar peraturan gubernur dengan persetujuan kami, jadi kami meninjau KIK untuk melihat kesiapannya,” ujarnya.

Kalangan legislator juga mendorong pengembangan KIK dengan regulasi yang kondusif dan memudahkan yang wajib didukung oleh pemerintah termasuk ketersediaan infrastruktur yg memadai seperti tenaga listrik yang menjadi kebutuhan industri. “Hal itu hanya dapat dilakukan oleh pengembang kawasan industri, tentunya bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara,” katanya.

Selain itu, DPRD Jateng akan mendukung penuh berbagai upaya pengembangan kawasan industri demi kemajuan pembangunan di provinsi setempat. “Dalam waktu dekat kami akan menghadap ke Kementerian ESDM untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur United Power Djefri Cantono mengungkapkan, pihaknya telah melengkapi izin untuk penyediaan listrik di KIK yang mencapai 300 kWh per hektare. “Izin wilayah usaha, lingkungan, dan rencana umum pengadaan listrik sudah kami penuhi, tinggal tarifnya saja yang belum,” katanya.

Djefri menyebutkan, pihaknya berencana membangun pembangkit listrik dengan bahan bakar gas dalam 2-3 tahun dan diperkirakan bisa beroperasi dalam lima tahun ke depan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya