SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemasangan kabel tambahan PLN. (JIBI/Solopos/Antara/R Rekotomo)

Listrik kini bisa dinikmati 250 keluarga prasejahtera atau miskin di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng).

Semarangpos.com, CILACAP – Keinginan 250 keluarga miskin atau prasejahtera di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) untuk mendapatkan pelayanan listrik di rumah mereka akhirnya terwujud. Ke-250 keluarga tidak mampu yang tersebar di kecamatan Cilacap Utara, Cilacap Tengah, Cilacap Selatan, Adipala dan Kesugihan, Selasa (18/10/2016), bisa merasakan listrik di rumah masing-masing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Program elektrifikasi bagi keluarga tidak mampu di Cilacap ini merupakan bagian kegiatan corporate social responsbility (CSR) yang dilakukan PT Sumber Segara Primadaya, selaku independent power producer (IPP) yang mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap, dengan PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ekspedisi Mudik 2024

Ke-250 keluarga prasejahtera itu mendapatkan pemasangan listrik secara gratis dengan daya bebeda-beda, mulai dari 450 VA hingga 900 VA. Para calon pelanggan ini dipilih sesuai dengan Basis Data Terpadu (BDT) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Acara penyalaan perdana berupa pengisian token listrik dilakukan secara simbolis di Pendapa Kabupaten Cilacap, Selasa. Direktur S2P, Mohamad Rasul, menyatakan bahwa perusahannya merasa terpanggil untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Cilacap. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat Cilacap, terutama yang berada di daerah pinggiran, seperti Kesugihan, belum bisa menikmati listrik guna meningkatkan taraf hidup mereka.

“Kami menilai dengan adanya program sambungan listrik gratis ini, selain masyarakat dapat menikmati listrik, program ini juga dapat memeratakan pembangunan, meningkatan arus informasi, meningkatkan kegiatan belajar dan ekonomi di rumah serta meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ujar Rasul dalam rilis yang diterima Semarangpos.com, Selasa sore.

Sementara itu, Direktur Bisnis PLN Regional Jateng, Nasri Sebayang, menyampaikan selamat kepada para masyarakat penerima sambungan listrik gratis dari S2P. Ia menilai aksi ini wujud nyata dari S2P dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap dalam mewujudkan rasio elektrifikasi di Cilacap yang saat ini telah mencapai 92% dan ditarget 100% pada 2018 nanti.

“PLN sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan semacam ini bisa ditiru IPP lain di Indonesia sehingga lebih banyak masyarakat prasejahtera yang bisa menikmati listrik,” tutur Nasri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya