Listrik Dari PLTSa Putri Cempo Solo Bakal Dibeli PLN, Segini Harganya

Listrik dari PLTSa Putri Cempo, Mojosongo, Solo, yang rencananya beroperasi mulai Desember 2022 mendatang akan dibeli oleh PT PLN.

 Pekerja mengecek ruang panel saat uji coba PLTSa Putri Cempo, Mojongo, Solo, Selasa (28/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Pekerja mengecek ruang panel saat uji coba PLTSa Putri Cempo, Mojongo, Solo, Selasa (28/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Commercial Operation Date (COD) PLTSa Putri Cempo Solo diharapkan bisa dimulai tepat waktu pada Desember 2022. Setelah COD nantinya listrik yang dihasilkan langsung diambil PLN.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo Arthaty Mulatsih saat dihubungi Solopos.com, Kamis (30/6/2022), menyebut nantinya hasil operasional PLTSa akan langsung diambil PLN.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“COD atau mulai beroperasinya pada bulan Desember, menunggu mesin 100 persen terpasang. Setelahnya, 1 Megawatt listrik langsung masuk ke PLN. Kami sudah bekerja sama untuk penjualan listriknya,” terangnya.

Mengenai evaluasi dari operasional PLTSa Putri Cempo Solo setelah uji coba, menurut Arthaty, masih menunggu setelah operasional pada bulan Desember. “Kami evaluasi nanti setelah operasional di bulan Desember, sekaligus melihat konsep untuk melakukan impor sampah,” terangnya.

Berdasarkan catatan Solopos.com, PLN telah menandatangani perjanjian jual beli tenaga listrik (power purchase agreement) dengan PT Solo Citra Metro Plasma Power (SCMPP) selaku pengelola PLTSa tersebut pada akhir Desember 2018 silam.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan PLTSa Putri Cempo, DLH Solo Siap Impor Sampah 10 Tahun

Rencananya, PLN akan membeli energi hijau yang dihasilkan PLTSa Solo seharga 13,35 sen dolar AS per kWh atau setara Rp1.800/kWh.

“PLN siap memanfaatkan EBT dengan membeli listrik dari PLTSa sesuai ketentuan yang telah disepakati. Ini adalah bentuk dukungan PLN terhadap pengembangan pemanfaatan energi yang ramah lingkungan,” tutur General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, M Irwansyah Putra, pada Juni 2021 lalu.

Mesin Gas

Komisaris PT PLN (Persero) Eko Sulistyo, dalam artikelnya yang dimuat Solopos.com pada 24 Maret 2022 menyebutkan skema pembelian listrik seharga 13.35 sen USD per kWh sesuai degan Perpres No 35/2018.

Baca Juga: Uji Coba PLTSa Putri Cempo Solo: Jenis Sampah Ini Tidak Bisa Diolah

Disebutkan juga PLTSa Putri Cempo Solo dibangun menggunakan mesin gas (gas engine) untuk memproses 545 ton sampah per hari dengan output sekitar 8 Megawatt (MW) listrik.

Sebagian tenaga listriknya akan digunakan sendiri untuk mengoperasikan PLTSa dan sisanya 5 MW akan dijual ke PT PLN. Tahap berikutnya PLTSa Putri Cempo akan menambah 5 MW sehingga kapasitasnya menjadi 13 MW dan akan menjadi pembangkit listrik ramah lingkungan berbasis sampah terbesar di Jateng.

Sementara itu, dalam jurnal yang diterbitkan Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) berjudul Analisis Potensi Daya Listrik Pembangkit Listrik Tenaga Sampah di Kawasan TPA Putri Cempo Solo, disebutkan dengan dinamika pertambahan sampah per tahun di TPA Putri Cempo sebanyak 2,81 persen, secara proyeksi, jika tidak diolah akan ada total 3.069.903 ton sampah pada 2038.

Baca Juga: Wah! Mulai Uji Coba, PLTSa Putri Cempo Solo Segera Beroperasi Lur

Sedangkan PLTSa Putri Cempo diharapkan bisa mengolah sampah 160.200 ton per tahun dan mengubahnya menjadi sumber listrik dengan total 30.483,04 MWh per tahun. Dengan asumsi per kWh dibeli oleh PT PLN sebanyak Rp1.863, dalam satu tahun TPA Putri Cempo bisa menghasilkan kurang lebih Rp57,46 miliar.

Dengan proyek ini berlangsung selama 20 tahun, dalam jangka waktu tersebut, PLTSa Putri Cempo akan menghasilkan total Rp1,15 triliun. Keuntungan lainnya adalah PLTSa diklaim tidak menghasilkan gas buang, artinya hasil olahan PLTSa sama sekali tidak menghasilkan emisi.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik Boyolali Hari Ini (11/8/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Boyolali, Jawa Tengah, pada hari ini, Kamis, 11 Agustus 2022.

      Puting Beliung Terjang Jatipurno Wonogiri, 1 Rumah Rusak

      Puting beliung di Jatipurno, Wonogiri mengakibatkan satu rumah dan jaringan listrik mengalami kerusakan.

      Pemeran Prasejarah Terbesar akan Digelar di De Tjolomadoe, Karanganyar

      Pameran prasejarah terbssar di dunia akan bekerja sama dengan Museum Geologi.

      Bocah 4,5 Tahun Asal Sragen Meninggal, Diduga Tersetrum

      Seusai bermain air, seorang bocah berusia 4,5 tahun menginjak kabel yang teraliri listrik dan meninggal diduga tersetrum.

      Saldo Rp33,65 Juta Milik Nasabah BRI Wonogiri Raib, Ini Kronologinya 

      Seusai mendaftarkan diri di BRI Mo, saldo nasabah BRI di Wonogiri tiba-tiba hilang tanpa ada transaksi yang dilakukan nasabah.

      Jalan Giriwoyo-Giritontro Minim PJU, Dishub Wonogiri: Kewenangan Pusat

      Dishub Wonogiri tak memiliki kewenangan dalam menangani penerangan jalan umum di ruas jalan Giriwoyo-Giritontro.

      Bundaran Gladag-Tugu Jam Pasar Gede Solo Dihias Lampu Wuku, Ada Apa Ya?

      Sepanjang Jl Jenderal Sudirman dari Bundaran Gladag hingga Tugu Jam Pasar Gede Solo hingga sebulan ke depan akan dihiasi dengan lampu Wuku.

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Cuaca Sukoharjo Kamis Ini: Hati-Hati Bestie, Gerimis Tipis Sore Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Kamis (11/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.