SOLOPOS.COM - Kartika Affandi saat menerangkan karya-karya Affandi pada Pemilik Lippo Group James Riady dan tamu undangan saat meresmikan Museum @ Lippo Plaza, Minggu (7/6/2015). (Harian Jogja/Joko Nugroho)

Lippo Plaza Mall Jogja memamerkan lukisan Affandi di salah satu tenant

Harianjogja.com, JOGJA – Ingin kenalkan seni pada masyarakat, Lippo Plaza Mall Jogja memasukkan museum di tengah-tengah area pusat perbelanjaan ini. Padahal, seharusnya pusat perbelanjaan ini bisa saja dijadikan area untuk pameran produk unggulan, namun tidak demikian dengan Lippo Plaza Mall Jogja.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Untuk tahap awal, mall yang berlokasi di Jalan Laksda Adisucipto No 32-34 itu menghadirkan karya-karya maestro lukis Indonesia Affandi, di Museum @ Lippo Plaza Jogja. Museum ini terdapat 50 karya lukisan, 27 di antaranya karya Affandi dan sisanya lukisan istrinya.

Pemilik Group Lippo James Riady dalam sambutannya mengatakan berdirinya Museum @Lippo Plaza Jogja bertujuan untuk menampilkan perjalanan perupa Affandi dan istrinya Maryati. Dia berharap semakin memperkaya khasanah seni dan budaya bangsa dengan melihat kembali karya-karya mestro lukis Indonesia.

“Lukisan-lukisan Affandi yang terpajang di sini mulai dari tahun 1940-an hingga 1980-an. Semua mengisahkan pengalaman sang pelukis bersama istrinya saat singgah di beberapa tempat di penjuru dunia, seperti India, Prancis, Amerika Serikat dan Meksiko,” jelas James saat pembukaan museum Minggu (7/6/2015).

James menambahkan pengunjung dapat memahami proses kreatif Affandi yang berkembang dalam berbagai tema-tema sepanjang hidupnya. Tema luas yang ditampilkan dalam pameran ini, antara lain potret diri, keluarga, kawan-kawan, topeng, binatang, alam dan budaya.

Sedangkan anak perempuan Affandi dengan Maryati yang juga seorang pelukis, Kartika Affandi, mengungkapkan kegembiraanya dengan dibukanya museum tersebut. Dengan dipamerkannya lukisan-lukisan kedua orang tuanya itu, masyarakat menjadi semakin mengenal Affandi.

“Saya trenyuh melihat kembali lukisan-lukisan yang sudah lama berada di luar negeri sekarang ada di Indonesia. Saya sendiri tidak menyangka ternyata pak James banyak juga memiliki karya papi yang ada diluar negeri,” kata Kartika.

Direktur sekaligus Kurator Museum @ Lippo Plaza Jogja Amir Sidharta mengatakan rencana pendirian museum sudah muncul sejak 20 tahun lalu di lingkungan Lippo Grup. Namun hal itu baru dapat diwujudkan di tahun 2015 ini.

Museum di dalam Lippo Plaza Mall Jogja terletak di lantai upper ground, terdiri atas dua ruangan dengan luas 650 meter persegi. Terbagi dalam ruang waiting room dan gallery.

“Kami ingin membawa kesempatan dan pengalaman kesenian baru, yaitu museum di dalam mal. Tidak hanya belanja, tapi ditawarkan sajian seni budaya dan sejarah di dalamnya,” tambah Amir.

Amir berharap masyarakat akan banyak yang melihat, sehingga membuat orang tertarik dengan Affandi, kesenian dan sejarahnya. Karya Affandi menjadi pilihan karena dia termasuk ikon Jogja. Sehingga masyarakat Jogja juga semakin kaya dengan pengetahuan maestro lukis Indonesia dari Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya