SOLOPOS.COM - Ilustrasi upaya peneliti menciptakan vaksin virus corona. (Shutterstock.com)

Solopos.com, JAKARTA — Pengadaan vaksin Covid-19 oleh Indonesia masih butuh waktu. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bahkan memperkirakan uji praklinis vaksin Covid-19 yang dikembangkan lembaga itu baru bisa dimulai pada medio 2021.

"Mungkin baru bisa mulai praklinis pertengahan tahun 2021," kata peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Wien Kusharyoto yang menjadi salah satu peneliti dalam pengembangan vaksin itu kepada Kantor Berita Antara, Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

PNS di Sumsel Galang Dana & Rela Dinikahi demi Lunasi Utang

LIPI merupakan satu dari lima lembaga yang sedang mengembangkan vaksin Merah Putih untuk Covid-19. Empat lembaga lain adalah Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Airlangga.

Terhadap Mencit

Wien menuturkan uji praklinis calon vaksin yang dikembangkan LIPI itu dilakukan terhadap hewan mencit untuk evaluasi pembentukan antibodi maupun respons sel T. Uji praklinis itu bisa dilakukan di laboratorium uji hewan biosafety level 3 (BSL-3) LIPI di Cibinong, Jawa Barat.

T-Rex, Raja Dinosaurus Tapi Tak Sekuat di Film Jurassic Park

LIPI mengembangkan vaksin dengan platform rekombinan subunit dan menggunakan isolat virus SARS-CoV-2 yang beredar di Indonesia. "Rencananya, vaksin itu dikembangkan untuk bisa diberikan dengan metode spray kepada penerima vaksin," katanya.

Ia menjelaskan, pemberian vaksin dengan disemprotkan (spray) dinilai lebih baik dan awal karena langsung menyasar jaringan mukosa yakni hidung atau mulut karena virus SARS-CoV-2 pertama kali masuk melalui hidung atau mulut untuk menginfeksi tubuh.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya