SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memamerkan mobil yang sudah dipasangi konverter kit murah. Harga alat pengubah konsumsi bahan bakar minyak ke gas ini ditaksir hanya 9 juta rupiah per unit jika sudah diproduksi secara missal.

Peneliti dari Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatonik LIPI, Agus Hartanto, ketika berbincang dengan VIVAnews, di Jakarta, Rabu (25/1) mengatakan, LIPI sudah melakukan penelitian terkait perekayasaan dan pengujian konverter kit beserta sistem kontrol dan monitoring kinerja sejak 1988. Namun, penelitian itu terhenti sementara hingga akhirnya dimulai kembali ketika pemerintah memutuskan untuk menggelar konversi BBM ke gas. Dia mengatakan, untuk melakukan penelitian ini, LIPI telah mengeluarkan dana lebih dari 200 juta rupiah. Namun, Agus yakin penelitian itu tidak akan sia-sia karena memang akan berguna dalam membantu proses konversi. Menurut Agus, konverter kit karya LIPI itu, sebagian besar komponen masih impor sehingga harganya menjadi lebih mahal. [vivanews/dtp]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya