SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Profesor Dr Firman Noor menegaskan bahwa lembaga itu tak pernah mengeluarkan hasil survei mengunggulkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Firman menegaskan hal itu dalam keterangan tertulisnya yang diterima Bisnis/JIBI, Selasa (26/3/2019). Menurut Firman bahwa hasil survei yang disampaikan dalam diskusi pada  Minggu (24/3/2019) adalah hasil survei Rumah Demokrasi yang disampaikan Ramdansyah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“LIPI tidak terlibat sama sekali di dalam proses dan penyampaian hasil survei tersebut,” ujarnya. Hasil survei itu menyebutkan elektabilitas Jokowi-Maruf 40,30 persen dan Prabowo-Sandi 45,45%, dan yang tidak tahu/tidak menjawab 14,25%.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelumnya, beredar luas pemberitaan terkait keterlibatan LIPI dalam diskusi bertajuk Migrasi Suara Pilpres 2019: Hasil Survei versus Realitas yang diselenggarakan oleh Rumah Demokrasi di Jakarta, pada hari Minggu (24/3/2019).

Firman menjelakan, peneliti LIPI, yakni Firman Noor dan Aisah Putri Budiatri, hadir dalam diskusi tersebut sebagai narasumber untuk mencermati secara umum peluang migrasi suara dalam Pemilu 2019. Diskusi itu membahas peluang migrasi dapat terjadi melalui perpindahan dari satu pasangan calon ke pasangan calon lain, dan/atau dari swing voter ke salah satu pasangan calon.

“Meminta semua pihak agar lebih cermat, berhati-hati dan bertanggung jawab dalam menyampaikan atau menyebarluaskan berita kepada publik agar tidak terjebak pada pemberitaan hoaks yang dapat merugikan kredibilitas sebuah lembaga, khususnya lembaga penelitian seperti LIPI,” tambah Firman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya